Manfaat Mengkomsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

buah naga
Gambar Buah Naga

Banyak orang beranggapan bahwa buah naga adalah buah asli yang datang dari daratan cina, karena buah ini selalu ada di setiap ritual adat istiadat orang-orang suku Tiong Hua. Namun setelah ditelusuri lebih jauh, buah naga yang bernama latin Hylocereus polyrhizus ternyata berasal dari negara Amerika Tengah lalu menyebar hingga ke Asia Tenggara.

Tahukah Anda setiap kandungan di dalam buah naga merah maupun putih mengandungi protein, serat, karotin, kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C. Kandungan nutrisi ini menjadikan buah naga banyak dicari oleh banyak orang untuk dikonsumsi setiap hari.

Awalnya Buah naga belum begitu populer di Indonesia. Namun manfaat dan khasiat dari buah naga begitu besar untuk kesehatan, menjadikannya sebagai buah yang sangat populer dalam waktu singkat di seluruh wilayah indonesia.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah naga:

* Sangat Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi di dalam buah naga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Mengkonsumsi buah ini secara teratur setiap hari sangat baik bagi para orang tua untuk mencegah dari osteoporosis dan juga tulang keropos.

* Mencegah Penyakit Diabetes Melitus

Buah naga juga sangat dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes. Kandungan pada buah ini dapat membunuh sel jahat yang muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga baik untuk di komsumsi setiap hari.

* Dapat Menghambat Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga dapat membantu menjaga tubuh kita dari radikal bebas, sehingga mampu menghambat proses penuaan dini. Zat anti oksidan yang dimiliki buah naga dipercaya sama tingginya dengan zat antioksidan yang terkandung pada buah apel jadi sangat bagus untuk penghambat penuaan dini.

* Dapat Mencegah Kanker

Sama seperti manfaat pada kulit manggis dan manfaat pada daun sirsak, buah naga juga dapat mengatasi dan mencegah terjadinya kanker.

* Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan vitamin B3 yang terkandung bagi buah ini, bila dikonsumsi secara teratur mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

* Menghaluskan Kulit Wajah

Menurut Prof. Dr. Muhammad Yusuf, ahli pengobatan tradisional dari China, dalam kebudayaan Tionghoa buah naga dipercaya dapat menghaluskan kulit wajah sehingga tampak lebih cerah.

* Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit dan juga baik untuk menjaga kesehatan kulit kita.

* Meningkatkan Nafsu Makan

Bila Anda memiliki balita yang susah makan, maka coba lah berikan anak balita anda konsumsi buah naga, dipercaya bisa menaikan nafsu makannya. Hal ini dikarenakan di dalam buah naga terkandung vitamin b1 dan b2 yang merupakan bahan baku suplemen untuk penambah nafsu makan.

* Kulit Buah Naga

Manfaat dari tumbuhan ini bukan hanya terletak pada buahnya saja loh. Tapi ekstrak daun dan kulit buahnya dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan sangat baik menghambat pertumbuhan sel tumor dalam tubuh, jadi sangat baik juga.

Ringkasan Kecil Tips Memilih Buah Naga yang Kualitasnya Baik

Agar mendapatkan buah naga yang kualitasnya baik, cobalah beberapa tips berikut ini saat akan membeli buah naga.

1. Periksa kulit luar buah naga. Buah naga memiliki warna pink yang cerah dan mulus. Jika ada noda-noda kotor, memar, atau bekas pisau, sebaiknya dihindari dan jangan memilih buah naga tersebut. coba carilah buah naga yang warnanya merata.

2. Sentuhlah batang pada buah naga, pada batang yang empuk menunjukkan bahwa buah naga tersebut sudah matang.

3. Periksa bagian daun atau kelopak yang menutupi kulit buah naga. Bagian ini pun harus berwarna cerah tanpa ada warna kecoklatan pada ujung-ujungnya.

4. Layaknya buah alpukat atau buah mangga, buah naga yang sudah matang juga bisa diukur dari kekenyalan pada dagingnya pada saat kita menyantapnya.

5. Tekan jari Anda ke dalam kulit buah naga, dan rasakan pada daging buah naga jika terlampau keras berarti buah itu belum matang.

6. Ciumlah aroma pada buah naga. Jika Anda mencium aroma tropis yang ringan artinya daging di dalam kulit buah naga itu telah matang dan rasanya pasti manis.

7. Buah naga yang sudah Anda beli dari toko buah, Simpanlah pada suhu ruangan yang sejuk untuk memastikan kematangannya. Buah naga yang matang biasanya berwarna merah muda atau berwarna pink, kemudian Anda bisa menyimpan buah naga yang sudah matang di dalam lemari pendinggin bisa sampai selama lima hari.

yah, semoga artikel kecil bermanfaat bagi para pengunjung yang membacanya. (tutup)

Sumber : Dari Berbagai Sumber

814 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *