Kota Dengan Perayaan Imlek Paling Meriah Di Dunia

LintasMetro.com — Tahun Baru China atau Imlek menjadi salah satu perayaan paling meriah. Tak hanya di China, beberapa negara pun merayakan Imlek dengan sangat meriah.
Etnis keturunan China/Tionghua bersiap merayakan Imlek.Memasuki Tahun Baru penanggalan kalender china, berbagai pesta perayaan Imlek pun mulai dipersiapkan.
Berikut adalah kota-kota di dunia dengan perayaan Imlek paling meriah:

1. Beijing, China

Selain sebagai Ibukota China, Beijing menjadi pusat perayaan Imlek. Perayaan Imlek di negara ini meliputi, Festival Musim Semi, Peking Opera, akrobat, dan menampilkan kebudayaan minum teh. Setiap Imlek tak ada yang lebih populer dari Temple Fair.

Selama Festival Musim Semi, diawali dengan berbagai ritual keagamaan di kuil. Pada hari itu juga menampilkan hiburan, kesenian tradisonal, kerajinan, dan banyak kuliner. Tidak hanya itu, mereka yang merayakan Imlek juga akan menyanyi dan menari dalam kemeriahan Imlek.

Acara yang tidak kalah seru selama Imlek di Beijing adalah mengadakan beberapa pameran kelenteng. Pameran kelenteng yang populer, seperti Ditan Park Fair, Baiyunguan Temple Fair dan Changdian Temple Fair.


2. Hong Kong

Hong Kong pun tak lepas dari incaran wisatawan yang merayakan Imlek sambil liburan. Salah satu acara paling terkenal dan meriah untuk merayakan Imlek adalah The Cathay Pacific International Chinese New Year Parade Night.

Tanggal tahun sebelumnya, acara ini dilaksanakan dengan tema ‘World City, World Party’. Parade yang mengapung ini, juga disertai dengan pertunjukkan spektakuler termasuk atraksi kung fu dari Shaolin China dan jangkungan dari Belanda. Acara yang mengambil rute di Tsim Sha Tsui ini akan dipenuhi sorak sorai dan menciptakan suasana layaknya karnaval.


3. Singapura

Singapura menyambut datangnya Tahun Baru Imlek dengan mengadakan Chingay Parade. Dalam beberapa tahun terakhir, festival ini telah berkembang dalam pengaruh Asia dan global. Dengan sekitar 2.000 pemain yang berasal dari berbagai klub dan sekolah, tampil menggunakan kostum warna-warni. Parade ini pun dikenal sebagai Festival Mardi Gras dari Timur.

Parade untuk tahun ini mengambil tema ‘Fire in Snow’. Tema ini memperlihatkan tentang kekuatan dan semangat manusia dalam menghadapi tantangan kehidupan. Api yang mewakili kekuatan dan semangat. Sedangkan salju melambangkan perjuangan dan kesulitan yang dikalahkan dengan api sebagai cahaya harapan.

Chingay Parade yang berlangsung tahun lalu ini. Singapura pun menyajikan perayaan Imlek paling meriah dan mengesankan.


4. San Francisco, AS

San Francisco di AS dikenal sebagai salah satu kota di luar Asia yang merayakan Imlek dengan meriah. Mulai pada tahun 1860, orang China mengombinasikan kebiasaan mereka dengan tradisi Amerika melalui parade untuk satu perayaan Imlek terbaik di dunia.

Acara yang dilakukan mulai dari penobatan Miss Chinatown USA sampai Golden Dragon sepanjang 250 meter. Dibutuhkan lebih dari 100 pria dan wanita dari kelompok seni bela diri, White Crane, untuk membawa naga ini melewati jalan. San Francisco bisa menjadi destinasi pilihan untuk liburan Imlek Anda.



5. London, Inggris

Selain San Francisco, Kota London di Inggris juga menjadi salah satu destinasi di luar China yang merayakan Imlek dengan meriah. Setiap tahunnya, ribuan masyarakat London pergi ke West End untuk mengucapkan “Gong Xi Fat Chai” kepada satu sama lain.

Perayaan akan dimulai pada pagi hari dengan Parade Tahun Baru di West End. Kemudian, lanjut sampai ke tujuan akhir di Trafalgar Square. Dekorasi bergaya Chinatown, naga khas China, tarian singa, dan pertunjukan kembang api menghiasi daerah tersebut.

6. Singkawang, Indonesia

Nah,bagi yang pengen ngerasain imlek meriah nih tidak perlu jauh-jauh keluar negeri nih Sob…Di Indonesia sendiri ada beberapa Kota yg merayakan Tahun Baru Imlek dengan meriah salah satunya Kota di Kalimantan Barat tepatnya di Singkawang.Hampir disemua ruas jalan di Pusat Kota ini dipasangi lampion yg semakin terlihat meriah dan serasa bukan lagi Di Indonesia.

Semua kegiatan perayaan Imlek ini biasanya dipusatkan disalah satu stadion pusat kota Yakni Stadion Kridasana dan sekitar seratusan stand dipersiapkan untuk menyemarakkan panggung hiburan rakyat yang akan digelar mulai dari malam Tahun Baru Imlek hingga perayaan Cap Go Meh yang dipusatkan di Stadion Kridasana. Berbagai macam replika Shio dan taman yg dibuat distadion ini semakin memeriahkan malam imlek dikota ini.

Salah satu puncak Festival penutupan Imlek yakni Cap Go Meh yang jatuh pada hari ke 15 ini mampu menyedot Wisatawan Mancanegara maupun Lokal.

1346 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *