Manfaat Buah Nenas

LintasMetro – Buah yang satu ini adalah salah satu buah yang lumayan digemari oleh masyarakat daerah tropis khususnya negeri kita sendiri. Rasa asam yang ada pada buah nenas ini menjadikannya unik dan disukai oleh masyarakat ramai. Bahkan tak kalah sering pula buah nanas dijadikan macam macam hidangan kuliner seperti halnya rujak, asianan atau sebagai bahan pelengkap pada resep masakan. Kini tidak susah untuk kita mendapatkan buah ini, kita dapat menemukan buah ini di pasar tradisional ataupun supermarket. Disamping itu, ternyata banyak juga lho manfaat buah nenas yang mungkin belum kita ketahui.

manfaat-buah-nanas

Buah nenas mengandung air yang rasanya lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, buah nenas juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Khususnya vitamin A, kandungan beta karoten yang ada di dalam buah nenas, membuat mata kita lebih segar dan juga sehat. Beta karoten bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, sehingga sangat bagus untuk kesehatan mata kita. Selain vitamin A, buah nenas juga sarat akan vitamin C, Vitamin b1, favonoid dan antioksidan, fosfor, kalium, dan juga mangan.

Di samping itu buah nenas juga mengandung enzim yang sering disebut dengan Bromelain yang memliki sifat anti inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang tak kalah dengan obat-obatan ampuh dengan obat-obatan terkenal. Bromelain sendiri berkhasiat untuk mengurangi nyeri sendi akibat asam urat, menghentikan perkembangna tumor baru dan menyusutkan kanker, menghilangkan asam lambung naik, mengurangi pembengkalan pasca operasi, mengurangi sakit tenggorokan, dan juga dapat mempercepat proses pencernaan dan motilitas usus.

Khasiat lain yang terkandung di dalam buah nenas juga dapat mengatur kelenjar tiroid dan mengurangi resiko gondok. Mengurangi pembengkakan tenggorokan akibat bronkitis dan juga asma, mencegah mual, meredakan sembelit, menurunkan tekanan darat, mengeluarkan parasit dari hati dan juga usus, mengandung pektin tinggi yang membantu mengeluarkan logam berat dan racun dalam tubuh.

Namun harus diingat, disamping banyaknya manfaat yang dimiliki oleh buah nenas, buah nenas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil!

1306 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *