10 BAHAN REMPAH – REMPAH DAN TUMBUHAN YANG BERKHASIAT UNTUK KECANTIKAN

Lintasmetro.com – Kita bisa merawat tubuh kita dengan bahan alami yang disediahkan oleh alam. Sangat banyak rempah dan tumbuhan yang kaya akan manfaat untuk kecantikan tubuh kita.

Tidak cuma Lemon, dan bengkoang. Disini kita akan menjelaskan 10 bahan atau rempah yang berkhasiat untuk tubuh kita, antara lain :

KUBIS

Kubis mempunyai manfaat untuk merawat kecantikan. Selain itu kubis digunakan oleh orang barat sebagai obat kompres, dengan kesembuhan dalam jangka waktu yang singkat. Kubis mempunyai kandungan seperti vitamin dan mineral yang cocok untuk kecantikan, vitamin tersebut adalah vitamin B6, C, E, B1, yodium, magnesium, kalsium, dan zat besi.

Kubis juga bisa dibuat minuman jus untuk menhilangkan jerawat dan mempercantik kulit.

ASPIRIN

Aspirin adalah obat yang digunakan untuk anti inflamsai seperti ibuprofen, selain itu mempunyai kegunaan untuk menghentikan pigmentasi dan kulit yang rusak karena sinar ultra violet.

Pencegahan kerusakan pada kulit yang permanen bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi aspirin dalam waktu 24 jam.

NANAS

Mengobati radang jerawat bisa dilakukan dengan mengonsumsi nenas yang kaya akan vitamin, berikut vitamin yang terkandung dalam nanas, seperti vitamin C, B, A. Dan ada juga kegunaan lain dari nanas seperti menggunakan getahnya untuk menghaluskan kaki yang kering dan kasar.

Nanas bisa digunakan sebagai campuran masker dan scrub. Penggunaan nanas sebaik nya terhindar dari kontak langsung dengan mata karena bisa menyebabkan iritasi. Tidak disarankan bagi mereka yang memilki kulit yang sensitif untuk merawat kulit.

KENTANG

Sayuran kentang yang mempunyai getah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sari kentang bisa membantu dalam mengatasi flek hitam, pigmentasi, dan kantung mata. Dengan cara lumatkan kentang atau iris tipis dan jadikan sebagai masker atau kompres pada wajah.

KAYU MANIS

 

Kayu manis mempunyai kandungan cinnamaldehyde yang bisa merangsang produksi kolagen yang berkhasiat untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Dan kayu manis juga memiliki kegunaan yang lain sebagai lips plumper yang alami.

KULIT TELUR

Kulit telur bisa digunakan untuk membuat kulit menjadi sejuk dan kulit bercahaya, dengan menghaluskan kulit telur sampai menjadi bubuk, dan dapat digunakan sebagai scrub yang baik untuk kulit yang alergi.

Yang harus diingat sebelum menggunakan kulit telur ialah, mencuci kulit telur hingga bersih agar tidak ada kuman dan bakteri.

ARANG

Arang mempunyai kegunaan untuk mengikat racun seperti sebuah magnet dan mengangkat nya dri kulit kita. Di alam yang bebas, sebuah karbon aktif bisa berfungsi sebagai penyerap polutan dilingkungan.

PETERSELI

Kandungan vitamin C dan K yang apa pada peterseli ampuh dalam membantu mecerahkan kulit gelap dan membantu mencegah inflamasi. Peterseli bisa di gunakan sebagai masker dengan cara menggiling nya hingga halus dan tuangkan air panas.

JAGUNG

Kebanyakan orang tua sering menggunakan biji jagung muda sebagai obat untuk sakit cacar. Jagung juga mengandung vitamin B1, B3, dan beta karoten yang bisa memperbaharui sel kulit. Jagung juga mampu dalam mencegah jerawat  karena jagung mengandung linoleic acid. Selain itu jagung juga mengandung lycopene dan vitamin C yang bisa merangsang kalogen dan menangkal radikal bebas.

BAWANG PUTIH DAN MERAH

Bawang merah dan putih mempunyai kegunakan sebagai obat utuk menghilangkan kulit siku dan lutut yang gelap. Ambil masing – masing satu siung bawang, lalu diparut dan campur dengan merata. Gosokkan pada kulit yang gelap sampai dengan waktu 10 atau 15 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

1585 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *