5 Iklan Rasialisme, Salah Satunya Menyinggung Indonesia

Masih ingatkah insiden setahun yang lalu, saat sebuah perusahaan Malaysia bernama Robo Vac membuat promo alat mereka dengan menyinggung pekerja domestik Indonesia di Negeri Jiran? Ya, temuan tersebut membuat seluruh elemen bangsa ‘panas”.

Iklan tersebut bertuliskan “Pecat pembantu rumah tanggamu asal Indonesia sekarang, ganti dengan produk RoboVac”, jelas membuat publik Indonesia merasa terhina, mengigat pekerj domestik di sana tidak hanya dari Indonesia saja. Ternyata iklan berbau rasis ternyata sering terjadi, paling kental adalah menyinggung warna kulit, hitam dan putih.

Tentu, kulit putih selalu mendapat porsi spesial dengan kulit hitam sebagai kasta yang dinilai lebih rendah. Berikut ini adalah ulasan dari LintasMetro.com

1. Dianggap Rasis, Iklan Dunkin Donuts Tuai Kecaman

b

Sebuah iklan Dunkin Donuts di Thailand menuai kecaman di karena dianggap rasis. Iklan tersebut menampilkan seorang wanita berkulit hitam dan memakai lipstik warna pink menyala sambil membawa donat. Donat itu adalah produk terbaru Dunkin’s Donuts yang bernama Charcoal Donut atau donat arang.

Yang menjadi permasalahan gambar wanita itu mengigatkan pada stereotip warga kulit hitam pada akhir abad 19 dan awal abad 20. Human Right Watch terkejut melihat gambar tersebut dan menganggap jika Dunkin Donuts Rasis.

“Dunkins Donuts harus segera menarik iklan ini, meminta maaf pada publik dan memastikan hal ini tidak terjadi lagi,” kata Phil Robertson, wakil direktur Human Rights Watch Asia, seperti dikutip oleh LintasMetro.com

Iklan tersebut bisa memancing kemarahan jika ditayangkan di Amerika Serikat. Terlebih perusahaan Dunkins Donuts berasal dari Amerika juga.

2. Dicap Dangkal dan Rasis, Iklan di Thailand dihujat Netizen

b2

Tak jarang produsen kosmetik gencar mempromosikan keunggulan kulit putih bercahaya lewat iklan demi melariskan produk mereka. Namun ketika satu merek kosmetik Thailand membuat iklan yang dianggap rasis, publik tak bersimpati.

Iklan pil pencerah kulit merek Snowz yang mengusung slogan ‘putih membuat anda jadi pemenang’ ini menuai protes di media sosial. Dalam video tampak Cris Horwang, aktris dan model kondang Thailand menjelaskan kenapa kesuksesan karirnya sangat bergantung pada kulit putih.

“Jika saya berhenti merawat tubuh dan kulit putih saya, kulit putih yang telah saya investasikan saelama ini akan hilang,” kata sang aktris.

Video kemudian menunjukkan Horwang tertutup make up serba hitam dan memandang iri kepala seorang wanita dengan kulit putih di sebelahnya

“Seorang pendatang baru akan datang menggantikan saya dan mengubah saya menjadi bintang gelap, katanya lagi.

Iklan itu menyebabkan kemarahan publik di media sosial. Banyak yang beranggapan kalau iklan itu rasis dan mempromosikan konsepsi tentang kecantikan yang sempit.

3. Perusahaan Malaysia Lecehkan TKI Cuma Importir Robot Kecl-kecilan

b3

Iklan RoboVac yang kontroversial pertama kali ditemukan oleh pengguna Facebook bernama Okina Fitriani akhir pekan lalu. Dia WNI mukim di Malaysia. Okina mengaku melihat iklan yang merendahkan tersebut di area Mall Encorp Strand, Petaling Jaya, Selangor akhir pekan lalu. Temuan itu segera dilaporkan kepada kenalannya di KBRI.

Dari temuan petugas, perusahaan  ini tak berusaha keluar modal untuk beriklan di banyak tempat. Banner bikin heboh kemarin bertuliskan “Leading RoboVac Specialist, Fire Your Indonesian maid NOW!”. Bila diterjemahkan menjadi “Pecat pembantu rumah tanggamu yang berasal dari Indonesia ganti mereka sekarang juga dengan produk RoboVac.”

4. Maskapai Jepang dikecam Sebab Bikin Iklan Rasis

b4

Maskapai penerbangan Jepang All Nippon Airways (ANA) dikecam lantaran melansir iklan rasis dan menyindir orang barat. Banyak telepon konsumen terutama ekspatriat meminta mereka menghentikan iklan itu.

Iklan itu sebenarnya memperkenalkan rute baru mereka ke Kota Vancouver, Kanada, dan Ibu Kota Hanoi, Vietnam. Rekaman memperlihatkan dua orang lelaki berseragam pramugara ANA membahas betapa menariknya maskapai dengan dua rute barunya. Saat hendak berpelukan, salah satunya menolak dengan mengatakan itu tradisi orang Jepang. “Mari kita ganti citra orang-orang Jepang,” ujar yang lain.

Keduanya segera berubah menjadi sepasang lelaki bule lengkap dengan rambut pirang dan hidung palsu sangat mancung. Ini memancing reaksi para pengguna maskapai di jejaring sosial. Puluhan di antaranya bahkan membatalkan untuk mendaftar kartu keanggotaan klub maskapai.

Juru bicara ANA mengatakan mereka sangat menyesal telah membuat banyak pihak tersinggung. “Kami juga mendapat kritik dari banyak pelanggan asing. Kami segera menggantinya,” ujar juru bicara tidak menyebutkan namanya itu.

5. Video Iklan Sabun Cuci Paling Rasis Sejagat

b5

Diberitakan laman Shanghaiist, dalam iklan itu tampak seorang wanita bertubuh seksi menggoda pria kulit hitam ketika akan mencuci baju di depan mesin. Lewat ajak bercumbu, ternyata wanita ini malah memberikan sebungkus kecil sabun cuci lalu memasukan pria tersebut ke dalam mesin cuci. Wanita ini kemudaian menunggu beberapa saat  sambil menduduki mesin cuci itu supaya pria kulit hitam itu tidak bisa keluar.

Sabun cuci merek, Qiaobi yang dipakai wantia itu dikatakan mempu menghilangkan noda apa saja pun, termasuk membuat orang kulit hitam menjadi kuliit putih.

Hasilnya, usai pria tersebut ‘dicuci’ seseosok pria putih muncul dan dalam mesin dan terlihat cerah mempesona.

1052 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *