8 HAL YANG AKAN TERJADI JIKA KEKURANGAN CAIRAN

Lintasmetro.com – Jangan pernah menganggap air putih adalah hal yang sepele. Jika seseorang kekurangan air dalam tubuhnya maka akan merasakan dehidrasi. Hal yang akan disebabkan oleh dehidrasi adalah jatuh pingsan. Hal tersebut bisa disembuhkan dengan cara meminum air putih yang banyak. Jika hal itu terulang sering kali, mala akan membahayakan diri kita.

Sekarang Lintasmetro.com akan menerangkan 8 hal yang akan mengejutkan pada saat kekurangan air putih.

1. Mengonsumsi minuman yang manis

Hal yang mengerikan akan terjadi dalam tubuh pada saat olahraga yang disertai dengan kurang nya air. Gula yang ada didalam tubuh kita akan dipakai secara berlebih dan cepat. Oleh sebab itu, pada saat olahraga  kita tidak akan merasa puas jika hanya meminum air putih, kita cenderung akan memilih minuman yang manis.

Jika hal seperti ini terusan terjadi, maka gula dalam tubuh kita akan menjadi semakin meningkat. Maka hal seperti ini tidak ada gunanya jika kita berolahraga tanpa terkontrol nya kadar gula di tubuh kita? Maka dari itu, tetap konsumsi air putih yang banyak.

2. Sering sakit

Tubuh kita akan merespon semua dalam jumlah banyak maupun sedikit. Hal yang membahayakan tubuh adalah dehidrasi tubuh yang parah. Pada saat tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka tubuh tidak bisa mengisi nutrisi dalam organ tubuh kita yang selayaknya didapatkan.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat kita sakit yaitu kelembapan mulut yag kurang, tenggorokan, dan hidung.

3. Bau mulut

Saat kita mengalami dehidrasi, maka air liur yang dihasilkan akan sedikit dan menyebabkan mulut menjadi bau. Maka dari itu banyak mengonsumsi air bisa menmbantu kita terhindar dari bau mulut yang tidak sedap.

4. Kulit akan menjadi kusam

Kulit akan mengalami kurangnya kelenturan dan timbul garis halus,penyebabnya adalah kekurangan cairan dalam tubuh. Hal ini akan membuat kulit kita menjadi pecah dimana – mana. Hal seperti ini akan sangat mengganggu penampilan kita, bukan? Maka dari itu, air sangatlah penting bagi tubuh kita.

5. Tidak berkeringat

Tanda -tanda orang yang mengalami kurangnya cairan dalam tubuh yang parah adalah mereka yang awal nya bisa berkeringat lebih, namun tiba – tiba tidak berkeringat sama sekali.

Jika kita terlalu lama mengalami dehidrasi, maka akan menyebabkan over-heating. Hal tersebut akan membuat panas terkurung didalam dan suhu inti meningkat. Hal tersebut bisa dibilang stroke panas.

6. Gemetaran

 

Hal yang membuat kita akan merasa kedinginan dan gemetaran adalah kekurangan cairan dalam tubuh, sehingga sirkulasi darah di tubuh menjadi menurun. Ini juga akan menyebabkan kita kesulitan dalam berkeringat. Maka dari itu tetap menjaga kandugan cairan dalam tubuh kita.

7. Tidak ada pengaruh dengan olahraga seberat apapun

Kita akan membutuhkan banyak asupan air, pada saat kita berolahraga ataupun diet. Apabila kurangnya air, maka semua usaha kita dalam program diet atau pembentukan otot tidak akan ada hasilnya.

Memang pada dasar kekurangan cairan akan meperlambat tubuh dalam metabolisme, memacu kalori yang berlebih, memperlambat dalam membakar lemak.

8. Membuat kita merana

Air mempunyai peran yang sangat penting dalam mengatur suasana hati. Setelah meminum air kita akan merasa lebih baik, dikarenakan air bisa meningkatkan semangat kita.

Suasana hati kita bisa menurun apabila kita mengalami dehidrasi dan mood kita akan menjadi berantakan.

Semoga penjelasan ini mempunyai manfaat untuk kita.

1765 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *