Wanita-Wanita Cantik Dalam Legenda Ini Ternyata Menyeramkan

Kepulauan Indonesia di penuhi dengan ribuan pulau serta adat, budaya dan kepercayaan yang beraneka ragam. Begitu luasnya akupan wilayah negeri ini hingga membuat karakteristik penduduknya pun sangat bermacam-macam. Setiap daerah memiliki cara berbahasa, kebiasaan maupun ritual kepercayaan dan keagamaan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan hal-hal yang berkaitan dengan suatu legenda, atau mitos yang kita ketahui selalu tersimpan dan diceritakan dari generasi ke generasi sebagai bentuk penghormatan dan kesopanan pada leluhur. Salah satu legenda yang terkenal di seluruh penjuru nusantara adalah Nyi Roro Kidul, perempuan cantik yang dipercayai menghuni laut bagian selatan dan menjadi pengusa sehingga seringkali disebut dengan Ratu Laut Selatan.

Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai perempuan  berwajah cantik dengan mahkota serta selendang dan kebaya berwarna hijau dan bagi yang mengaku sudah pernah melihat, mereka mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul sering menampakkan wujudnya di atas perairan laut selatan dengan kereta kencana sebagai kendaraan dan juga para pengawalnya. Konon bagi orang-orang yang bermain ke pantai selatan, dilarang memakai baju berwarna hijau, karena warna tersebut dapat menarik perhatian Nyi Roro Kidul. Bagi siapapun  yang tetap bandal melanggar larangan itu, maka harus bersiap di bawa Nyi Roro Kidul masuk dalam pusaran laut dan dijadikan pengawal Ratu Pantai Selatan tersebut, atau mati secara misterius. Ternyata  bukan hanya di Indonesia  saja yang memiliki legenda yang menceritakan wanita cantik namun menyeramkan beredar, beberapa negara juga memiliki cerita misteri terkait dengan hal berbau legenda wanita cantik tersebut.

 

Lamia

8abbdb4874f44186dd4f49e4322dde48

Salah satu mitologi yang terkenal di dunia adalah Mitologi Yunani, begitu banyak Mitologi Yunani yang berkembang di masyarakat dan salah satunya ada Lamia. Lamia diceritakan adalah seorang wanita cantik yang tak lain adalah cucu dari Poseidon dengan Lybie. Lamia adalah Ratu Libya yang diketahui menduduki tahta tersebut untuk menggantikan ayahnya, yaitu Raja Belos. Ratu Lamia pun pernah terlibat dengan hubungan percintaan dengan sang Dewa Zeus hingga melahirkan beberapa orang anak. Hubungan terlarang antara Lamia dengan Zeus ini pun akhirnya diketahui Hera dan membakar api cemburu dalam dirinya. Tak butuh waktu lama untuk berpikir, Hera pun memutuskan untuk membunuh semua anak-anak dari hubungan Lamia dengan Zeus. Kejadian itulah yang membuat diri Lamia murka, sehingga membuatnya gila dan merubahnya menjadi manusia setengah ular yang memakan bayi-bayi baru lahir dari tiap wanita. Sang Ratu akhirnya berubah menjadi monster pemakan bayi akibat sakit hati menghadapai kematian anak-anaknya karena dibunuh oleh Hera.

 

Alkonost

5138d6f13fe1e08475fe2156853372ba

Lain halnya dengan Lamia, yang digambarkan sebagai seorang wanita bertubuh ular, Alkonost yang merupakan wanita cantik bertubuh burung lengkap dengan dua buah sayap. Alkonost dipercayai hidup di Nirvana, namun saat dia bertelur, akan kelaut dan membawa telur-telurnya kedalam air. Saat telur-telur Alkonost masuk ke dalam air laut, arus akan menjadi tenang, namun saat telur-telur menetas, laut akan berubah menjadi badai dahsyat yang mematikan. Sama halnya ketika Alkonost bernyanyi, suara merdunya dapat membuat siapapun yang mendengar terbuai, seperti nelayan  yang tak sadar kapal lautnya telah tenggelam.

Lilith

55e1ce9b2b7d7bf4e03cc3b5d574fa6b

Dalam Mitologi Yahudi, Lilith dikenal sebagai sosok wanita cantik yang sebenarnya diciptakan sebelum Hawa namun membangkang tuhan hingga ia di usir dan masuk dalam iblis wanita paling menyeramkan bergabung bersama Lucifer. Lilith juga diceritakan sebagai iblis yang suka hadir dalam mimpi pria-pria dan melakukan hubungan seks melalui mimpi. The Beautiful Maiden adalah julukan yang di berikan untuk iblis ini, karena ia tidak memiliki kelenjar susu. Karena itulah ia pun tak bisa melahirkan anak, sehingga musuh terbesarnya adalah bayi dan para wanita. Dewi Malam ini juga diketahui memiliki elemen angin yang identik dengan membawa musibah, penyakit dan tentu saja kematian!

 

 

Sphinx

669ebe47f4eddbe029d35bc5a23d27fe

Sphinx yang masuk dalam daftar legenda wanita cantik dalam mitologi yang menyeramkan satu ini tidaklah sama dengan Sphinx versi mitologi Mesir. Sphinx yang satu ini  adalah sosok wanita berparas cantik dengan setengah tubuhnya singa dan memiliki sayap seperti burung raksasa. Sosok ini tak mudah ditaklukkan karena siapapun yang mencoba untuk melintas melewatinya harus menjawab teka-teki dari Sphinx, yaitu. “Apakah yang mampu berjalan menggunakan empat kaki kala pagi hari, dua kaki ketika siang hari dan tiga keki sewaktu malam hari?”

Konon yang berhasil memecahkan teka-teki ini hanyalah satu orang, yaitu Odysseus, dan sekejap setelah teka-teki tersebut terjawab, tubuh Sphinx hancur berkeping-keping!

Medussa

8cb125163c8e11cf1ad062299ac93407

Salah Satu sosok wanita cantik paling terkenal dalam mitologi Yunani yang berkembang di masyarakat tentu saja adalah Medussa. Sebelum menjadi sesosok yang menyeramkan, sebelumnya Medusa merupkan seorang pendeta huil yang cantik dan masih perawan. Namun karena kecantikannya inilah membuat Poseidon tergoda hingga tega memperkosanya. Athena yang mengetahui perihal inipun marah besar dan langsung mengutuk rambut Medusa berubah menjadi ular, dan bagi siapapun  juga yang menatap matanya, akan langsung berubah menjadi batu! Bukan hanya itu saja, Athena pun memberikan iming-iming hadiah kepada siapapun yang berhasil membunuh Medusa. Dan ternyata Perseus lah yang berhasil memenggal kepala medusa, dengan cara melihat wajah Medusa melalui pantulan cermin agar tidak berubah menjadi batu!

Itulah beberapa cerita terkait dengan legenda wanita cantik dalam mitos yang sama menyeramkannya dengan mitos di Indonesia. Percaya atau tidak, keberadaan mitologi dalam kehidupan masyarakat, mampu melahirkan petuah bijak untuk disampaikan kepada anak cucu sebagai pesan moral untuk menghindari perilaku tak terpuji. Tapi bagaimanapun juga, yang harus Anda ketahui, segala sesuatu, keselamatan, kesehatan, kehidupan, dan kematian adalah kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

 

Post By: Kresia Kholine

1870 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *