5 TUMBUHAN DENGAN CERITA MITOS

5 Tumbuhan Di Indonesia Dengan Cerita Mitosnya – Berbicara tentang mitos memang tidak ada akhirnya. Indonesia termasuk negara dengan mitos yang masih erat dengan tradisi dan budayanya. Salah satu mitosnya adalah tumbuhan dan bunga. Mitos tentang daun sawo kecik dan daun kelor bagi masyarakat jawa. Kedua tumbuhan tersebut diyakini sebagai penangkal santet dan membawa kewibawaan.

Kini kita akan membahas tentang 5 Tumbuhan Di Indonesia Dengan Kesaktian :

1. Sawo Kecik

Tumbuhan langka ini mempunyai nama latin Manilkara Kauki atau Sawo Kecik. Ciri – ciri yang di miliki sawo kecik ialah tinggi 25 meter dab berdiameter 100 CM, daun yang berkumpul di ujung batang, di bawah daun memiliki warna keperakan atau keputihan, ranting daun yang tidak bisa menebal, mempunyai kelopak daun dengan panjang 7 mm.

Pada umumnya, masyarakat jawa mengartikan sawo kecik ini sebagai sarwo becik atau serba baik. Masyarakat jawa beranggap jika bagi yang mempunyai tanaman ini dan menanamnya di rumah akan membawa keberuntungan. Pada zaman dahulu buah sawo kecik ini sangat disukai oleh puteri keraton, karena buah ini menjadi pengharum alami.

2. Bunga Wijayakusuma

Bagi meraka masyarakat yang berada di wilayah Selatan Pulau Jawa, percaya jika bunga Wijayakusuma adalah simbol bagi masyarakat Cilacap Jawa Tengah. Bunga Wijayakusuma dianggap sebagai bunga gain yang datang dari dunia mistis. Di dunia ini memang ada bunga Wijayakusuma, tetapi kebanyakan orang mencari bunga yang asli dari alam gaib.

Bunga ini erat kaitannya dengan seorang perempuan kerajaan yang lari menyendirikan diri ke pantai Selatan. Perempuan tersbut menyendiri di karenakan tidak mau di nikahi. Setelah itu perempuan tersebut bertapa untuk meminta ketentraman dan menyeburkan diri nya ke dalam laut.

Banyak mitos yang beredar dimasyarakat, bahwa perempuan tesebut sedang mengandung didalam alam gaib dan melahirkan anak yang cacat. anak yang ia lahirkan digambarkan sebagai sosok bunga Wijayakusuma yang terkadang bisa berubah menjadi orang cacat.

Ada syarat yang banyak tidak diketahui orang saat bermain air di pantai selatan seperti di pantai Nusawungu. Yang menjadi syarat sebelum mandi dipantai adalah pemandian air tawar. Banyak yang hilang di pantai tersebut di karekan tidak melakukan syarat yang ada. Bunga Wijayakusuma konon katanya bisa menjadi obat dan menghidupkan orang yang sudah mati.

3. Bambu Kuning

Pada tahun 1998, Presiden Soeharto di turunkan, hadir berbagai isu tentang hal gaib dimasyarakat. Contohnya, hadirnya penguasa orde baru itu dikaitkan dengan marahnya Nyi Roro Kidul, penguasa pantai Selatan. Bangsa gaib bakal ngamuk karena Soeharto rubuh.

Salah satu hal yang menjadi penangkal agar tidak menjadi salah satu korban marahnya mahkluk gaib adalah membuat gelang dari bambu kuning. Bambu kuning di percayai masyarakat mempunyai kekuatan menjauhkan kita dari hal yang negatif, santet, dan lain sebagainya.

4. Daun Kelor

Daun ini mempunyai bentuk bulat telur, mempunyai warna kekuningan, dan pelapah bunganya berwarna hijau yang mempunyai nama lain merunggai atau kelor, yang di yakini mempunyai cerita mitos. Kelor mempunyai bunga yang keluar disepanjang tahun dan memiliki aroma semerbak. Dan memiliki buah yang berbentuk segitiga memanjang yang disebut sebagai kelentang. Kelor juga mempunyai banyak manfaat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ada 350 lebih penyakit yang disembuhkan dengan mengonsumsi daun atau buahnya. Kelor bisa menjadi bagian dari kehidupan melainkan kerena bisa digunakan sebagai sayuran maupun bahan obat – obatan. Selain itu, pohon keluar juga mempunyai kekuatan. Hal ini yang menghadirkan mitos kalau daun nya juga dapat mengalahkan mahkluk gaib.

5. Kemuning Jawa

Tumbuhan Kemuning Jawa juga mengandung cerita mitos. Kemuning Jawa dipercayai bisa menghadang kekuatan santet atau hal negatif lainnya. Tanaman yang memiliki nama latin dalam pengobatan adalah Murraya Paniculata, yang digunakan sebagai obat memar, radang buah zakar, rematik, infeksi saluran kencing, dan lain sebagainya.

6022 Total Views 4 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *