Tips mencuci handuk agar tetap lembut

Tips mencuci handuk agar tetap lembut

Handuk, seperti kita ketahui, khususnya ibu-ibu yang sering atau terbiasa dengan kegiatan mencuci, setelah dicuci beberapa kali, handuk, sweater atau selimut yang berbahan dasar bulu sering kali menjadi lebih kasar atau sudah tak sehalus sebelumnya. Bahkan saat anda mencuci handuk tersebut dengan meminjam jasa laundry sekalipun, keadaan handuk dan pakaian-pakaian bebahan halus lainnya bisa menjadi berubah kondisi seratnya.

Microfiber-lembut-cepat-kering-mandi-handuk-pantai-Swimwear-Gym-berkemah-kualitas-tinggi

Saat digunakan, handuk yang dulunya sangat lembut dan nyaman, sekarang tidak lembut lagi dan bertambah kasar. Penyebab-penyebab handuk tidak lagi lembut memang berada di kesalahan ktia dalam mencucinya. Jika anda tidak ingin handuk atau sweater anda berubah menjadi kasar, lakukan lah trik trik tersebut ketika mencuci.

1. Guncang-guncang
Sebelum memasukkan handuk ke dalam mesin cuci, bentang handuk lalu guncangkan hingga kotoran kotoran yang ada dan menempel di seratnya dapat terlepas. Cara ini juga membuat dan membantu serat pada kain handuk memuai dan tidak lengket akibat terlipat.

2. Jangan pakai detergen bubuk
Sebagian serbuk dalam detergen akan tetap terperangkap pada serat handuk maupun sweater sehingga kadang dapat membuat seratnya menjadi kaku, apalagi setelah kering. Lebih aman lagi jika kita menggunakan detergen yang sesuai dan memang dirancang untuk sweater dan juga handuk. Menggunakan deterjen cair jauh lebih aman dibandingkan deterjen bubuk.

3. Jangan langsung dikeringkan
Setelah dibilas, jangan langsung mengeringkan handuk atau sweater dengan mesin. Peras sisa airnya, gantungkan sebentar (kurang lebih 15-30 menit), barulah masukkan ke dalam mesin pengering. Cara ini juga berlaku untuk pakaian Anda yang berbahan wol, serta peralatan rumah lainnya seperti keset kain, seprai, dan sarung bantal. Langsung mengeringkan usai dicuci akan membuat serat kainnya kusut.

4. Jangan menambahkan pelembut
Dengan maksud agar handuk tetap lembut dan harum, Anda menambahkan jumlah pelembut (softener) saat merendamnya. Padahal tindakan Anda membuat handuk menjadi lebih lembap sehingga merusak daya serapnya. Softener berlebih juga membuat pakaian lainnya kehilangan daya serap untuk menyerap keringat saat dikenakan.

5. Pakai bola tenis
Nah, saat ktia hendak mengerinkankan handuk handuk kita, masukkanlah dua bola tenis ke dalam mesin pengering bersamaan dengan handuk. Eh? Tenang, hal ini tidak akan membuat mesin pengering kita rusak. Malahan bola tenis dapat membantu kita untuk menyerap sisa air di dalam handuk sekaligus mencegah serat handuk menjadi kusut.

1437 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *