Manfaat Positif saat kita menangis,

 

banyak orang menangis karena sakit, takut, marah, frustrasi dan kehilangan sanak keluarga. Air mata yang keluar merupakan luapan emosi yang sudah tidak tertahankan lagi.

Banyak orang yang mengaku merasa lebih nyaman setelah meneteskan air mata. Setelah air mata keluar, mereka mengatakan beban yang ditanggung terasa lebih ringan.

Begitu pula orang yang bersimpati atas penderitaan yang dialami oleh orang lain kadang tanpa disadari meneteskan air mata.

Air mata memang penanda suasana hati. Menangis bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Sharon Martin, seorang psikoterapis bersertifikat, mengatakan sebenarnya menangis punya banyak manfaat bagi tubuh. “Saya justru merekomendasikan menangis karena membersihkan energi negatif dan membiarkan energi positif memenuhi diri kita,” katanya.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat menangis?

Huffington Post menyebutkan paling tidak lima manfaat utama menangis bagi kesehatan manusia, yaitu:

Menangis bisa memperbaiki mood

jatuhnya air mata juga bisa membuat mood kita menjadi lebih baik. Studi tahun 2008 yang dilakukan tim dari University of South Florida menyebutkan, menangis bisa menjadi cara yang lebih baik dibandingkan antidepresan dalam hal memperbaiki mood. Orang yang menderita gangguan kecemasan juga merasa lebih positif setelah menangis.

Menangis melepaskan ketegangan

Seksualitas.net menyebutkan pada sebuah penelitian diketahui bahwa kadar zat kimia Adrenocorticotrophic (ACTH) lebih banyak ditemukan pada airmata yang keluar akibat stres. Zat kimia tersebut merangsang pembentukan hormon kortisol (hormon stres) sehingga mengeluarkan zat ACTH melalui air mata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Menangis membersihkan dan melindungi mata

KesehatanPedia menulis air mata berguna untuk membuat mata tetap basah agar terhindar dari kerusakan mata akibat mata kering, sehingga mata dapat melihat dengan bak dan bekerja secara normal. Air mata juga dapat membersihkan mata dari kotoran, seperti debu atau bakteri masuk ke mata, yang dapat membuat mata merah. Jadi, air mata yang keluar saat menangis memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mata.

Menangis membantu hidung

Air mata keluar melewati saluran air mata menuju rongga hidung tempat bertemunya lendir. Saat air mata bercampur dengan lendir hidung, maka lendir menjadi lebih cair dan menetes keluar. Menurut psikiatris Judith Orloff, inilah yang menyebabkan hidung menjadi bersih dan bebas bakteri.

Menangis bermanfaat untuk pria juga

Dr. Frey mencatat rata-rata wanita menangis 5.3 kali dalam sebulan, sedangkan pria menangis 1,3 kali saja. Perbedaan jumlah itu disebabkan karena hormon testosteron (lebih tinggi pada kaum pria) mungkin menghambat orang menangis, sedang hormon prolaktin (lebih tinggi pada kaum wanita) justru mendorong untuk menangis.

Selain itu, secara anatomis kelenjar air mata antara pria dan wanita juga berbeda. Dr Judith Orloff mengetaka sebaiknya tidak dibedakan antara pria dan wanita dalam urusan menangis. ” Menangis itu baik bagi wanita dan juga pria,” tegas Dr. Orloff.

4315 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *