Anda Susah Tidur? Baca Tips Berikut Ini.

Susah Tidur adalah kebiasaan yang terkadang hampir setiap orang pernah mengalaminya dan terkadang membuat tubuh gelisah karena tidak bisa tidur. Susah tidur merupakan hal yang wajar, karena mungkin ada beberapa faktor yang belum anda ketahui. Susah tidur di malam hari lebih sering dialami seseorang dari pada susah tidur di siang hari, jika anda susah tidur ini sering disebut dengan insomnia. Insomnia sendiri ada yang mengatakan sebuah penyakit (kelainan) dan ada yang menyatakan bahwa merupakan hal yang lumrah/wajar karena setiap orang terkadang dalam beberapa hari susah tidur. Dengan demikian anda perlu tahu Cara Mengatasi Susah Tidur!

Insomnia menurut wikipedia merupakan gejala atau kelainan dalam tidur seseorang, berupa kesulitaan untuk tidur yang dialami berulang kali. Insomnia juga bisa disebabkan adanya permasalahan psikologis seseorang atau bisa juga diakibatkan oleh suatu penyakit. Dalam hal ini terkadang bantuan dari medis memang perlu, salah satunya yaitu dengan terapi psikologis yang mampu menangani insomnia dalah terapi kognitif. Apa saja yang diajarkan saat terapi kognitif? Pasien yang mengalami kesusahan untuk tidur akan diajari untuk menghilangkan asumsi kontra-produktif tentang tidur dan memperbaiki masalah kebiasaan tidur anda.

Cara mengatasi insomnia di malam hari atau di siang hari karena sulit tidur biasanya digunakan seseorang yang tergantung dengan obat tidur atau zat penenang lainnya agar dapat tidur. Namun alangkah baiknya anda menghindari hal semacam ini, karena ketergantungan obat penenang atau obat tidur itu tidak baik. Silahkan anda coba untuk mencari jalan lain agar bisa tidur dengan nyenyak.

Cara Mengatasi Insomnia

Berikut ini adalah cara mengatasi susah tidur yang bisa anda terapkan dirumah, agar anda bisa cepat tidur dengan nyaman!

1. Berdo’a Sebelum Tidur

Siapa yang tidak pernah berdoa sebelum tidur? Banyak orang yakin bahwa dengan berdoa sebelum tidur kepada tuhan akan membuat tidur anda menjadi nyaman. Bagi umat beragama dan mempunyai tuhan YME, alangkah baiknya anda berdoa kepada tuhan agar diberi bisa tidur dengan nyaman. Untuk itu berdoa sebelum tidur sangat mujarap mengatasi susah tidur.

2. Hindari Cahaya Saat Tidur

Apakah anda tergolong orang yang tidak bisa tidur apabila ada cahaya terang di kamar? Apabila demikian, cobalah untuk mematikan lampu atau mengganti lampu yang lebih redup (misal 5 watt) sehingga membuat tidur anda semakin nyaman, dengan demikian anda bisa mengatasi masalah sulit tidur anda.

3. Hindari Untuk Terus Melihat Ke Arah Jam Anda

Banyak orang yang merasa tersiksa dengan melihat arah jam saat larut malam, kenapa demikian? karena akan terus merasa khawatir dengan adanya sisa waktu (yang sedikit) sebelum hari sibuk anda dimulai. Apabila anda salah satu dari orang yang merasa susah ketika melihat jam didinding kamar tidur anda, karena susah dengan waktu tidurnya sedikit + membuat tidur tidak nyenyak (kepikiran jika tidurnya tidak cukum lama), maka silahkan jam anda letakkan di laci.

4. Hindari Kafein / minum kopi Sebelum Tidur

Banyak orang yang beranggapan dengan minum kopi maka akan kuat melek, hal ini sering dilakukan seseorang yang jaga malam agar tidak mudah ngantuk saat jaga. Oleh karena itu jangan minuk kopi saat akan tidur. Lebih baik anda minum kopi di pagi hari dari pada minum saat akan tidur. Dengan demikian tips agar cepat tidur ini akan bermanfaat!

5. Atur Jadwal Tidur Anda

Apabila anda seseorang yang mempunyai jadwal jam kerja atau sekolah, anda harus pintar mengatur waktu anda terutama waktu untuk tidur yang cukup. Dengan demikian anda akan bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak tanpa beban pikiran kerja atau sekolah. Baca juga : Cara Mengatasi Anak Susah Tidur.

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Susah tidur tidak hanya dialami oleh orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalami kesulitan untuk tidur, selain kelima cara diatas, berikut mazinu lanjutkan cara selanjutnya hingga ke cara yang ke-13.

6. Olahraga yang Teratur

Dengan olahraga yang teratur telah terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur, selama anda melakukannya jangan terlalu dekat dengan waktu tidur anda. Biasanya olahraga yang saya lakukan sebelum tidur yaitu push-up atau sit-up aja, karena akan membuat tidur menjadi lebih nyaman.

7. Menetralisir Suara

Apakah anda tergolong orang yang tidak bisa tidur apabila ada suara berisik? Nah cara untuk mengatasi susah tidur ini bisa dengan meminimalis suara dirumah anda, (misal suara tv yang masih di tonton keluarga) dengan demikian anda akan cepat tidur dengan suasana yang sunyi.

8. Jangan Merokok

Apakah anda sudah membaca kandungan rokok (komposisi rokok)? Roko mempunyai kandunga diantaranya yaitu kafein dan nikotin,, dengan kandungan sebuah stimulan ini membuat anda tidak mudah ngantuk dan bisa memperburuk insomnia anda.9. Jauhkan Binatang Peliharaan dari Tempat Tidur anda
Apabila anda memiliki hewan peliharaan, misalnya : anjing, kucing, dsb. Jika anda bisa tidur nyenyak jauhkan hewan peliharaan anda dari tempat tidur anda, karena hal tersebut bisa menjadikan anda tidak nyaman saat tidur karena suaranya, gerak-geriknya ataupun bisa menimbulkan pemicu alergi di tempat tidur anda.

10. Relaksasikan Pikiran Kalian Sebelum Tidur

Relaksasi disini dimaksud agar pikiran anda menjadi tenang, nyaman dan damai (tidak ada beban pikiran sebelum tidur). Cobalah tips biar cepat tidur yang ini, agar membuat tidur anda semakin nyaman tanpa beban pikiran.

11. Gunakan Bantal Untuk Meringankan Nyeri Punggung

Terkadang seseorang akan merasa punggungnya nyeri apabila tidur tidak menggunakan bantal, alangkah baiknya anda menggunakan bantal agar tidur anda semakin nyaman dan nyeri anda tidak mengganggu tidur anda. Solusinya yaitu dengan meletakkan sebuah bantal kecil / guling diantara kedua kaki anda ketika tidur menyamping, agar menyejajarkan pinggul dan mengurangi nyeri pada bagian punggung.

12. Tempatkan Leher di Posisi yang Netral

Apabila anda saat bangun tidur leher terasa kaku, salahkan posisi tidur anda. Terkadang anda menggunakan bantal yang tebal, bantal anda harus cocok dengan tubuh anda untuk mendukung posisi leher anda pada posisi yang netral. Jadi kesimpulannya bahwa bantal juga bisa mempengaruhi kenyamanan tidur. Jadi carilah bantal yang sesuai dengan anda agar posisi tidur anda terasa nyaman.

13. Bersihkan Tempat Tidur Secara Teratur

Merupakan kebiasaan yang bagus apabila anda membersihkan tempat tidur anda sebelum dan sesudah tidur. Sebab dengan suasana kamar tidur yang bersih akan membuat tidur anda semakin nyaman, kebalikannya jika kamar tidur anda kotor membuat tidur anda menjadi tidak nyaman bahkan menyebabkan alergi ataupun gatal-gatal, sehingga tidur anda terganggu. Ini merupakan cara agar cepat tidur yang paling ampuh!

14. Segera Konsultasi ke Dokter

Apabila tingkat insomnia (susah tidur) anda masih tergolong rendah, anda bisa menggunakan / mengatasinya dengan cara mengatasi insomnia diatas. Namun apabila tingkat insomnia anda tergolong sudah melebihi batas, maka segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang terbaik.

15. Gunakan Obat Tidur Sesuai Resep Dokter

Seperti yang sudah mazinu sampaikan diatas, bahwa apabila anda mampu mengatasi insomnia dengan cara yang simple (tanpa harus ke dokter / minum obat tidur, dsb) itu silahkan gunakan beberapa tips mengatasi insomnia diatas dari nomor 1-13 ,, namun apabila tingkat insomnia anda sudah tergolong parah silahkan pergi ke dokter dan minumlah obat yang telah diberikan oleh dokter tersebut.

Demikian artikel tentang cara mengatasi susah tidur atau insomnia yang bisa saya tuliskan, semoga cara ini bisa membuat tidur anda menjadi nyama dan nyenyak. Terimakasih telah membaca artikel kesehatan tentang cara mengatasi susah tidur ini.

2649 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *