Manfaat Sahur

Makan sebelum adzan subuh atau sebelum waktu imsak sering kita sebut dengan Sahur. Banyak orang memilih untuk melanjutkan tidur ketimbang harus sahur, bangun dan makan. Alasannya bermacam macam, mulai dari malas, ketiduran, tidak biasa sarapan, atau lain sebagainya.

Ada banyak manfaat yang luar biasa dari sahur, dan anda sebaiknya mempertimbangkan untuk puasa.  Berikut alasannya:

  1. Sahur memberikan kekuatan dan vitalitas. Hal ini karena sahur merupakan sumber energi utama untuk melakukan aktivitas pada nantinya. Terutama jika kita sedang sahur, mengonsumsi makanan kaya akan serat akan membantu kita untuk menyerap karbohidrat secara perlahan sehingga tubuh kita tidak mudah lelah dan lapar.
  2. Sahur berarti kita telah menjalankan sunah.
  3. Sahur menambah kekuatan kita diwaktu menjalankan ibadah puasa.
  4. Sahur juga menambah keikhlasan kita dalam beribadah.
  5. Sahur dapat membantu mencegah mual muntah dan sakit kepala saat berpuasa. Hal ini karena sahur berperan mengatur tingkat gula dalam darah tubuh kita.
  6. Sahur membantu kita untuk menutupi kebutuhan nutrisi tubuh kita, apalagi terutama jika sahurnya terdiri dari berbagai macam makanan penuh nutrisi seperti karbohidrat, mineral, vitamin, protein dan serat.
  7. Sahur dapat membantu kita mencegah penyakit metabolic sindrom seperti kencing manis.

 

 

makan3

 

Namun di samping semua manfaat dari sahur, ternyata ada bahayanya juga lho setelah sahur:

Berat badan akan naik

Puasa memang tidak makan dan minum selama seharian. akan tetapi bukan berarti tubuh kita akan kurus selama kita berpuasa. Jika selama puasa kita menjalani pola hidup yang kurang sehat, tetap saja ada kemungkinan berat badan kita naik selama berpuasa. Tidur setelah makan sahur bisa membuat tubuh kita menimpan lemak lebih banyak. Terlebih jika anda mengonsumsi makanan berlemak dan makan makanan yang digoreng. Hal ini membuat dan memperburuk kesehatan kita apalagi mereka yang sedang diet dan mereka yang ingin melangsingkan tubuh.

Tenggorokan Kering

Puasa dapat menyebabkan sakit tenggorokan akibat refluks asam. Refluks asam dapat terjadi apabila katup antara perut dan esofagus tidak menutup secara sempurna. Kondiis ini terjadi ketika tubuh terbaring dalam kondisi perut penuh. Akibatnya asam lambung akan naik ke tenggorokan kita dan memunculkan sensasi seakan terbakar.

Dada terasa panas

Ketika tubuh kita sedang beristirahat, sebenarnya sistem pencernaan kita berkerja lebih keras. Jika setelah makan anda langsung tidur, maka akan memicu terjadinya sakit maag karena kadar asam lambung meningkat. Naiknya zat asam pada lambung juga menyebabkan rasa panas pada bagian dada.

 

2167 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *