Cara mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Tubuh kita setiap harinya pasti secara sengaja ataupun tidak sengaja akan dimasuki oleh racun melalui berbagai macam cara. Mulai dari makanan yang kita konsumsi sehari hari, air yang kita minum, sampai udara yang kita hirup sekalipun ada racunnya. Zat pengawet dan adiktif yang terkandung dalam makanan, dan zat kimia yang terkandung dalam air, sampai polusi udara adalah bukti bahwa kita tidak selamanya bisa menghindari racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Apalagi jika kita memiliki kebiasaan buruk lain seperti merokok atau minum alkohol.

Karena itu mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita atau melakukan detoks sangatlah penting. Mengeluarkan racun tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Ada beberapa cara yang mudah dan jika dilakukan setiap hari bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Berikut adalah beberapa cara mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita.

woman-drinking-water

1. Minum cukup air
Air adalah salah satu zat yang paling baik untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Konsumsi banyak air setiap hari untuk mengeluarkan racun. Minum banyak air juga bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga keseimbangan tubuh. Namun ingat untuk tidak mengonsumsi air secara berlebihan, karena terlalu banyak mengonsumsi air juga bisa berbahaya.

2. Makan makanan segar
Hindari makanan olahan atau makanan kemasan dan lebih pilih makanan yang segar. Dengan begitu kita menghindari makanan berbahan pengawet dan mengandung zat kimia. Selain itu, makanan segar akan memberikan asupan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi lebih baik dan menghilangkan racun dari dalam.

3. Olahraga
Jika ingin mengeluarkan racun dari dalam tubuh, salah satu caranya adalah dengan berkeringat! Pastikan Anda rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan jantung dan untuk mengeluarkan kelebihan racun dari dalam tubuh. Semakin banyak oksigen yang terpompa pada jantung maka semakin baik.

4. Penuhi kebutuhan tidur
Kualitas dan kuantitas tidur yang cukup penting untuk kesehatan tubuh, termasuk membantu Anda untuk mengeluarkan racun. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu tubuh untuk membersihkan dirinya sendiri. Namun jangan terlalu banyak tidur juga. Anda harus bangun pagi sekali sehingga tubuh bisa mengeluarkan racun yang menumpuk dengan tepat waktu melalui buang air besar atau buang air kecil. Jika ini ditunda, maka racun bisa diserap lagi oleh tubuh.

5. Bersihkan tubuh dengan baik
Selain membersihkan tubuh dari dalam dengan cara di atas, membersihkan tubuh dari luar juga penting. Rajin mandi, bersihkan gigi dan lidah, serta bersihkan bagian tubuh lainnya. Mandi air dingin lebih baik daripada mandi air hangat karena bisa meningkatkan pergerakan sel darah putih dalam tubuh dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Melakukan kebiasaan kebiasaan di atas akan sangat membantu kita mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita. Namun perlu kita ingat bahwa selain melakukan kebiasaan di atas, kita juga harus menghindari kebiasaan buruk dan hal hal lain yang bisa membuat racun kembali menumpuk dalam tubuh kita.

 

3936 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *