Berbagai Penyebab Mual

Penyakit Muntaber

Banyak Penelitian yang mengatakan munculnya rasa mual atau muntah di pagi hari adalah tanda tanda terjadinya kehamilan atau sering di sebut dengan morning sickness/sakit di pagi hari. Namun muntah muntah dan mual mual di pagi hari tidak dapat kita jadikan patokan bahwa seseorang sedang hamil. Menurut sebuah penelitian, ada banyak faktor yang membuat anda muntah muntah terutama pada wanita. Naiknya asam lambung juga dapat mengakibatkan kita muntah muntah, jadwal tidur yang tidak teratur, stress atau depresi juga bisa menjadi pemicu anda muntah di pagi hari. Begitu pula dengan ketidak seimbangan hormon pada tubuh kita. Sebagai contohnya, ketidakmampuan otak kita dalam melepaskan hormon adrenalin atau hormon serotin saat kita bangun pada pagi hari dapat membuat kita mual. Hal ini dapat terjadi terutama pada wanita yang selalu memiliki siklus hormonal setiap bulannya.

Muntah di pagi hari juga tidak selalu terjadi pada wanita. Pria pun dapat mengalami hal ini karena kenaikan asam lambung yang drastis terutama jika anda terlalu banyak mengonsumsi makanan bersifat asam malam harinya. Makanan yang tinggi akan asamnya berupa karbohidrat, protein kompleks dan makanan rendah serat lainnya. Oleh karena itu sebisa mungkin jika bisa tidaklah perlu mengonsumsi makanan yang terlalu berat pada malam harinya.

 

 

 

Berikut adalah beberapa penyebab mual pada pagi hari, selain hamil:

 

1. Stres, gelisah, ketakutan

Stres, gelisah, dan ketakutan dapat menyebabkan masalah di perut dan usus, seperti mual, muntah, kembung, diare, dan sembelit.

2. Keracunan makanan

Keracunan makanan terjadi ketika makanan yang Anda makan terinfeksi oleh bakteri seperti Campylobacter, Salmonella, Shigella, E. coli, Listeria, dll. Gejala umum dari keracunan makanan adalah demam, sakit perut, diare, gelisah, mual dan muntah.

3. Alergi makanan

Mual dan muntah dapat dipicu oleh makanan, terutama pada orang yang menderita alergi makanan atau intoleransi makanan.

4. Konsumsi obat tertentu

Obat nyeri, seperti opioid seperti kodein, hydrocodone, morfin, dan oxycodone, dapat menyebabkan mual atau muntah. Obat non-steroid, obat anti-inflamasi, dan bahkan aspirin dapat menyebabkan mual karena mereka bisa mengiritasi perut atau memperlambat gerakan usus dan menyebabkan kembung.

5. Migrain

Semua kondisi yang meningkatkan tekanan di dalam tengkorak dapat mempengaruhi cairan di tulang belakang, yang dapat menyebabkan mual dan muntah.

6. Flu perut

Umumnya dikenal sebagai flu perut, viral gastroenteritis adalah infeksi usus yang ditandai dengan diare, kram perut, mual atau muntah, dan kadang-kadang demam.

7. Gastroparesis

Gastroparesis adalah suatu kondisi di mana otot-otot perut tidak berfungsi dengan baik karena kerusakan saraf. Gangguan seperti dispepsia, penyakit ulkus peptikum, atau irritable bowel syndrome juga dapat menyebabkan mual dan muntah.

 

3235 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *