KEGUNAAN MADU UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Lintasmetro.com – Madu adalah salah satu cairan yang banyak memiliki manfaat. Manfaat dari madu adalah untuk kesehatan dan bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit yang ada didalam tubuh manusia. Manfaat madu berbeda dengan manfaat buah, cairan madu dapat menyembuhkan penyakit sariawan, menambah kekebalan tubuh, menghilangkan jerawat, menambah stamina dan sebagainya.

Jadi, tidak heran jika banyak iklan minuman dan makanan penambah stamina di tv yang selalu mengandung madu dalam jumlah kecil.

Manfaat Madu

Madu memiliki lebih kurang 10 manfaat yang baik untuk kesehatan. Dan khasiat madu mungkin sudah diketahui oleh banyak orang sebagai pemanis alami dalam campuran minuman maupun bahan makanan. Selain bermanfaat bagi kesehatn, madu juga bermanfaat untuk kecantikan wajah dan tubuh.

Mari kita simak berbagai manfaat madu untuk kesehatan :

1. Menghilangkan Alergi

Memang masih belum terbukti dalam studi klinis bahwa madu bisa mengobati alergi. Tetapi banyak orang yang sudah mencoba madu dalam mengurangi alergi. Dan ada beberapa fakta yang mengatakan bahwa madu mengandung memiliki jejak serbuk sari dan paparan alergan yang berkerja dalam memerangi reaksi alergi.

2. Mencegah Diabetes

Diabetes bisa berasal dari gula ataupun pemanis buatan, untuk mencegah diabetes ialah dengan mengonsumsi gula dalam kadar yang sedikit. Perlu diketahui, madu memang mengandung gula, tetapi madu tidak sama dengan gula putih ataupun pemanis buatan. Madu memiliki indeks hipoglikernik rendah, sehingga madu tidak meyebabkan kenaikan gula darah.

3. Menghilangkan Batuk

Madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan dalam madu dapat menenangkan batuk dimalam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

4. Menambah Daya Ingat

Diwajibkan untuk wanita usia menopause agar mengonsumsi madu 20 gram dalam sehari. Dan setelah 4 bulan, daya ingat jangka pendek mereka akan meningkat bagi yang mengonsumsi madu.

5. Menambah Stamina

Manfaat madu yang satu ini bukanlah hal yang rahasia lagi. Dikarenakan hampir semua minuman energi memiliki kandungan madu sebagai campuran walaupun dosisnya masih dalam jumlah yang kecil dalam menambah stamina. Selain itu, madu juga bisa meningkatkan stamina saat melakukan hubungan suami istri.

6. Mengatasi Bakteri

Madu telah terbukti dapat membunuh patogen penyakit yang dikarenakan makanan E, salmonella, dan coli.

7. Mengobati Luka

Madu sudah terbukti dapat mengobati luka. Cara menggunakan nya adalah oleskan madu kebagian yang luka dan tutup dengan perban. Setelah itu tunggu 24 – 48 jam.

8. Mencegah Rendahnya Jumlah sel Putih

Madu dapat digunakan sebagai cara yang ampuh untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah putih yang disebabkan oleh kemoterapi.

9. Metabolisme Alkohol

Dengan meminum madu secara langsung akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan metabolisme alkohol. Hal ini dapat mengurangi atau membatasi keracunan karena alkohol dalam tubuh.

10. Sumber Nutrisi

Madu mengandung bermacam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan mengonsumsi madu berarti kita memberikan manfaat bagi tubuh dalam jangka pendek maupun panjang.

Selain untuk masalah diatas, madu ternyata efektif dalam :

1. Mengatasi alergi dan asam

2. Mencegah tumor

3. Mencegah penyakit alzheimer

4. Mengatasi sakit perut

5. Mencegah stres

6. Mengurangi resiko serangan jantung

7. Mencegah penyakit kuning

Setelah kita membahas manfaat madu untuk kesehatan, kini kita akan membahas madu untuk kecantikan :

Madu Untuk Kecantikan

Terlepas dari manfaat madu yang sudah dijelaskan diatas, madu sudah dikenal oleh semua kalangan dalam membantu dalam masalah kecantikan. Berikut ini manfaat madu untuk kecantikan :

  1. Mencegah kulit keriput
  2. Mencegah iritasi pada kulit
  3. Mencegah jerawat
  4. Mencegah kulit hitam
  5. Mencegah penuaan dini
  6. Menghilangkan bekas jerawat
  7. Mencerahkan kulit wajah
  8. Mengecilkan pori – pori
  9. Menghilangkan flek hitam
  10. Digunakan sebagai masker

Madu untuk rambut :

  1. Membuat rambut lurus
  2. Menghitamkan rambut
  3. Membasmi buah rambut
  4. Mencegah rambut bercabang
  5. Membuat rambut lebih kuat

Manfaat dan khasiat madu memang sangat baik, namun perlu diingat agar penggunaan manfaat madu harus secara bijak dan jangan dikonsumsi secara berlebihan.

 

 

2403 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *