Buatlah Ramadhan lebih indah

Bulan Ramadhan sudah dekat dan hanya datang setahun sekali. Bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat tepat untuk menimba pahala dan berkat. Agar semakin lancar masa masa berpuasa kita hingga datangnya hari suci kemenangan, ada beberapa cara dan tips dalam membuat bulan puasa menjadi lebih indah yang mungkin dapat kita jadikan sebagai pedoman.

 

1878-inspirasi-hijab-untuk-cewek-tomboi

Hayatilah hikmah di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan akan semakin terasa indahnya serta ibadah kita akan semakin oke, jika kita dapat mensyukuri hikmah yang diberikan Allah. Berkat berkat ini yang diberikan oleh Tuhan biasanya tidak kita sadari karena datang dalam bentuk kecil sekalipun maupun sederhana. Misalnya bisa makan cukup tiga kali sehari, apalagi jika kita masih didampingi oleh keluarga tercinta kita atau masih memiliki tubuh yang sehat secara jasmani dan rohani. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih lewat doa kepada Tuhan SWT, baik saat shalat mapun ibadah ibadah lainnya, terutama pada bulan suci ini.

 

Belajarlah untuk menyayangi fakir miskin

Selain berpuasa, bersedekah pada orang orang yang membutuhkan merupakan salah satu cara untuk menimba pahala di Bulan suci Ramadhan ini. Jangan lupa untuk menyisihkan sedikit dari harta kekayaan yang kita miliki dan berikan lah pada fakir miskin, yang tentunya lebih memerlukannya. Tidak perlu berupa uang, tapi bisa juga dengan sumbangan sembako, pakaian bekas layak pakai, atau ikut ke dalam kegiatan bagi bagi makanan sahur atau saat berbuka puasa yang tentunya dapat meringankan beban orang lain.

Mendekatkan diri kepada Allah

Pada bulan suci ini, gunakanlah kesempatan yang diberikan saat bulan suci Ramadhan ini untuk memperkuat kepercayaan dan meneguhkan iman pada Allah tentunya. Dan kenyataannya, tantangan akan selalu ada dan datang setiap saat saat kita sedang menjalankan ibadah puasa. Tapi semua tetap berpaling kepada niat kuat kita dan keikhlasan ktia agar tidak sampai kalah oleh godaan hawa nafsu. Tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi kita juga harus mampu untuk mengendalikan diri, pikiran, emosi dan hati tentunya selama menjalankan ibadah puasa ini.

Tetap jaga keutuhan Puasa

Ibadah puasa tidak musti terpusat pada menahan lapar dan haus, tapi juga ketika menjaga hati dan saat kita menjaga hati dan pikiran agar tetap terjaga saat kita menjalankan ibadah puasa itu sendiri. Jagalah hati dan pikiran kita agar tetap bersih, jangan terpengaruh atau terlena dengan keadaan anda. Banyak hal yang dapat membatalkan ibadah puasa kita, seperti marah marah, berkata buruk tentang orang lain, hingga bergosip. Untuk mendapatkan hikmah Allah, lawanlah godaan godaan ini dengan mempertebal keimanan, misalnya dengan membaca Al-quran atau mengikuti ceramah keagamaan.

 

 

 

 

 

 

3656 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *