Langkah langkah menjadi penulis

Siapa saja bisa menjadi penulis. Ya! Termasuk anda!

menulis-artikel-untuk-blog

Untuk menjadi penulis, yang anda perlukan hanya sedikit imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Mulailah dengan langkah langkah berikut ini.

  1. Tentukan Jenisnya. Sebelum anda menulis, anda harus menentukan apakah yang anda tuliskan itu hendak berupa novel, buku buku tips dan nasihat, ataupun kumpulan cerpen. Jika anda telah memiliki banyak ide tentang cerita pendek, maka tak ada salahnya jika anda mencoba untuk menggabungkannya menjadi sebuah buku atau carilah benang merah yang menghubungkannya ke setiap cerita. Bila ingin menulis novel, anda harus menentukan jalan cerita nya dari awal. Dan untuk buku tips, rajin rajinlah untuk mencari sumber yang dapat kita percaya sebagai bahan tulisan kita.
  2. Segmen, Setelah anda menentukan tema, maka sudah waktunya anda menentukan kepada siapa pembaca anda. Ini sangat penting untuk menentukan gaya penulisan kita. Jika targetnya anak anak, maka gaya penulisan kita haruslah simple dan mudah dimengerti, begitu juga sebaliknya dengan dewasa, tidak lucu dan bahasa penulisannya dewasa. Usahakanlah untuk memposisikan diri kita sebagai pembaca.
  3. Buatlah Outline cerita. Agar tema yang kita tentukan sebelumnya tidak lari lari, buatlah outline atau ringkasan ide. Misalnya, bab 1 membahas cerita si A, sedangkan bab selanjutnya menceritakan cerita nenek sihir, nah kan lari ceritanya, jadi buatlah cerita yang konsisten dari awal hingga akhir cerita. Sedangkan untuk banyaknya bab, tergantung dari seberapa banyak ide yang ingin kita tuangkan. Cobalah untuk mulai melirik buku buku yang sudah diterbitkan dan dari buku buku tersebut, anda bisa belajar banyak!
  4. Siapkan referensi, Perkaya ide dengan banyak membaca. Karya karya tulisan anda juga perlu referensi! Apalagi jika kita menulis buku tentang tips, maka tak ada salahnya jika kita bertukar ide dengan rekan rekan kita yang lain, sesama penulis. Referensi didapat dari berbagai sumber, mulai dari buku, internet serta pengalaman hidup orang sekitar.
  5. Tetaplah menulis. Seberapa buntunya pun anda terhadap ide ide, tetaplah menulis, membaca, atau cobalah menulis karangan sederhana, karangan bebas.Tuangkanlah semua yang ada di dalam pikiran anda dalam bentuk tulisan. Percaya deh, tulisan anda yang asal asalan itu dapat mendatangkan ide dan tanpa sadar kita telah menulis sebuah jalan cerita. Memang sih, kadang kita membutuhkan mood untuk memulai menulis, namun penulis yang baik tak perlu menunggu mood untuk mulai menulis. Namun bangunlah mood anda sendiri dengan memulai menulis. Jika ingin mulai menulis, menulislah dengan bebas, abaikan semua ejaaan atau pun tanda baca yang ada, jangan biarkan imajinasimu tertutup, biarkanlah imajinasi terbang bebas. Untuk memperbaikinya, lakukan setelah selesai anda menulis.
  6. Review. Ini bagian penting dalam menerbitkan sebuah buku, jangan ragu untuk membaca ulang tulisan anda. Setiap selesai satu bab, bacalah kembali tulisan anda. Apakah ritme penulisan anda sudah mengalir atau masihkah ada kesalahan penulisan. Agar lebih mudah, buatlah hard copy usai menulis. Buat juga lampiran yang selengkapnya, seperti cover dan daftar isi. Bacalah kembali dan catatlah apa yang apa yang perlu diperbaiki. Ini lebih efektif jika anda mengeditnya lewat komputer.
  7. Mintalah testimoni. Jika buku anda telah selesai, jangan lupa untuk meminta pendapat. Pilihlah rekan yang anda dapat percaya untuk membaca karya anda tersebut. Setidaknya biarkan karya anda dibaca dua tiga orang yang anda percayai. Mintalah mereka memberikan masukan tentang kelebihan dan kekurangnanya. Jangan takut dengan kritikan. Kritikan akan membuat dan membangun karya anda lebih bagus dan lebih baik
  8. Terbitkanlah Karya anda!

 

 

 

1139 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *