Tradisi Unik Idul Fitri di berbagai dunia

Berakhir sudah bulan suci Ramadhan tahun ini per tanggal 6 July 2016. Dan tibalah sudah hari kemenangan Idul Fitri bagi para umat muslim di seluruh dunia. Dan tentunya hari kemenangan ini dirayakan dengan penuh sukacita di seluruh dunia.

Namun berbeda dengan umat muslim Timur tengah, perayaan Idul fitri di Indonesia justru lebih megah daripada perayaan Idul Adha.

Masyarakat muslim penduduk Indonesia ini punya beberapa ritual khas yang suliat dicari padananya di negara muslim lainnya. Misalnya saja tradisi mudik dari kota kota besar di kampung halaman, membuat ketupat serta memasak opor ayam untuk disajikan kepada kerabat kerabat dan famili yang pulang kampung. Hal ini juga berlaku pada umat umat muslim atau non muslim yang turut memeriahkan dengan saling mengunjungi rumah orang.

tradisi_lebaran

Meskipun begitu, umat umat muslim dari berbagai negara juga memiliki berbagai cara unik tersendiri untuk memeriahkan hari raya idul fitri ini. Ada yang beranggapan bahwa Idul Fitri tidak boleh lebih megah daripada Idul Adha. Namun ada juga negara yang seperti Indonesia ktia ini yang memberlakukan libur panjang yang menandakan hari kemenangan umat muslim.

Turki misalnya, umat muslim Turki beranggapan bahwa Idul Fitri lebih penting dibandingkan dengan Idul Adha. Namun yang berbeda pada perayaan Idul fitri ini adalah pada tradisi kulinernya. Permen atau gulali akan melimpah di rumah rumah khususnya keluarga muslim. Warga muslim Turki selalu beranggapan bahwa Idul Fitri adalah ‘Hari Raya Permen’ atau sering mereka sebut dengan Seker Bayram. Setiap keluarga dari satu rumah akan mendatangi rumah lain dan mengantarkan manisan, permen permen dan gulali atau semacamnya kepada tetangga dan kerabat mereka.

Tradisi ini wajib mereka lakukan, dan banyak anak anak muslim negeri Turki ini yang selalu menanti nantikan datangnya hari raya idul fitri itu sendiri.

Lain lagi ceritanya di negeri China. Warga muslim dari etnis Hui di China selalu ziarah kubur pada saat Idul Fitri. Ziarah kubur bagi mereka terlihat sangat unik karena mereka selalu mengenakan dupa.

Kalau perayaan di Afrika Selatan lain lagi ceritanya. Perayaan Idul Fitri di Afrika selalu sengaja datang ke puncak dekat pantai. Mereka selalu beramai ramai pergi melihat posisi yang bagus yang menandakan berakhirnya bulan Ramadhan. Ritual ini sudah berlangsung bertahun tahun di Afrika selatan.

2319 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *