Bahayanya bakteri bagi manusia

Semua bakteri yang kita ketahui adalah bakteri entah apapun itu jenis bakteri atau nama bakteri itu, yang penting namanya bakteri, dan bakteri pantas untuk disingkirkan. Bakteri diketahui adalah penyebab dari sekitar separuh penyakit manusia yang ada. Sekitar 2 juta orang dalam setahun meninggal dunia akibat penyakit paru paru TBC atau tuberkulosis. Penyakit ini disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Ada juga orang orang yang mati meninggal dunia setiap tahunnya karena penyakit penyakir seperti diare yang disebabkan karena bakteri bakteri yang menyerang.

bahayanya bakteri bagi manusia
bahayanya bakteri bagi manusia

Biasanya bakteri itu di tularkan oleh spesies lain, misalnya bakteri pinjal atau caplak. Diketahui juga bahwa penyakit lyme yang telah menginfeksi 15.000 sampai 20.000 orang setiap tahunnya juga disebabkan oleh bakteri yang dibawa melalui caplak. Caplak sendiri biasanya hidup pada rusa atau tikus ladang. Penyakit ini dapat menyebabkan artistis yang dapat melemahkan jantung dan gangguan saraf lainnya jika tidak ditangani secepatnya.

Bakteri lainnya adalah berupa bakteri patogenik. Bakteri patogenik juga biasanya menyebabkan penyakit dengan cara memproduksi racun racunan. Racun-racun tersebut dapat diklasifikasikan sebagai eksotosin maupun endotoksin. Endotoksin adalah komponen lipopolisakarida dari membran bagian luar bakteri gram- negarif. Berlawanan dengan eksotoksin sendiri, endotoksin dilepaskan hanya jika bakteri sudah mati dan dinding selnya hancur. Contohnya bakteri yang berasal dari penghasil endotoksin termasuk spesises dari genus Salmonella yang basanya tidak ada dalam tubuh hewan yang sehat. Endotoksin biasanya berasal dari hewan hewan yang telah terjangkit penyakit atau sakit sakitan. Salmonella  typhi dapat menyebabkan demam tifoid dan beberapa spesies Salmonella juga sering ditemukan pada daging unggas yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Sejak abad ke 19, peningkatan sistem sanitasi pada negara negara industri telah banyak menurunkan ancaman bakteri patogenik. Keberadaan antibiotik sudah banyak membantu dan menyelamatkan banyak nyawa dan mengurangi serangan penyakit. Akan tetapi pertahanan tubuh seseorang terhadap antibiotik saat ini berevolusi pada banyak galur bakteri. Di Amerika sendiri sudah banyak orang yang terkena penyakit akibat daging sapi atau hasil pertanian yang telah terkontaminasi. Tercatat ada 75.000 kasus terinfeksinya orang orang disana setiap tahunnya.

Bakteri bakteri berpotensi menjadi senjata bioterorisme. Sebagai contohnya endospora bacillus anthracis yang dikirimkan melalui pos telah menyebabkan 18 orang dan 5 orang diantaranya meninggal dunia karena menderita antrhaks pada sistem pernafasan.

1370 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *