Whoopps!!! Beberapa Tanaman yang Sering Kita Jumpai Bisa di Jadikan Sebagai Obat

Lintasmetro.com – Taman bukan hanya sebagai penghias halaman rumah, sebagian orang memanfaatkannya sebagai tempat menanam tanaman obat yang sewaktu – waktu perlu digunakan. Seperti yang diketahui, banyak jenis tanaman obat yang bisa ditanam di halaman rumah Anda. Berikut ini ada beberapa tanaman obat yang memiliki manfaat untuk manusia, yang tidak perlu perawatan dan mudah untuk tumbuh.

1. Cabai

Bagi orang Indonesia, belum afdol rasanya jika makan tanpa sambal. Tidak heran jika orang menjadikan cabai sebagai salah satu kebutuhan pokok yang harus ada setiap hari. Untuk menghindari harga yang terus meningkat, Anda bisa menanam sendiri tanaman cabai di halaman rumah Anda. Selain tidak perlu perawatan khusus, tanaman cabai juga bisa tumbuh dimana saja. Banyak manfaat yang bisa didapat dari tanaman cabai, salah satu manfaatnya adalah membantu dalam mendetoksifikasi dalam tubuh.

2. Ketumbar

Ketumbar merupakan tanaman yang memiliki bentuk yang sangat bagus dan memberikan kesan segar bagi orang yang melihatnya. Selain biji ketumbar, daun ketumbar juga memiliki manfaat yang banyak. Biji ketumbar yang sering digunakan sebagai campuran masakan dipercaya bisa menjadi penawar bagi masalah usus dan bisa melawan bakteri yang ada di dalam usus.

3. Jahe

Jahe merupakan tanaman tropis yang dengan mudah nya tumbuh di halaman rumah. Jahe juga bisa ditanam ke dalam tempat yang dapat dipindah – pindah sesuai dengan kebutuhan. Jahe merupakan bahan alami yang mampu mengobati penyakit perut. Tidak cuma itu, jahe juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dapur untuk menghasilkan cita rasa masakan yang lezat.

4. Bawang Putih

Rempah yang satu ini pasti sudah akrab dengan banyak orang karena memiliki peran penting dalam berbagai menu masakan di dunia. Tidak sampai disitu, bawang putih juga memiliki peran penting untuk kesehatan manusia, salah satunya ialah sebagai bahan alami yang bisa melindungi tubuh dari zat kimia berbahaya.

5. Daun Kemangi

Meski daun kemangi ini sering digunakan dalam sajian kuliner Indonesia, namun banyak orang yang belum tahu khasiat dari daun kemangi ini. Daun kemangi yang mengandung sifat anti-inflamasi dipercaya dapat mencegah sakit persendian. Tidak cuma itu, anti-mikroba yang terkandung di dalam daun kemangi ini mampu mencegah timbulnya infeksi. Maka itu, tidak heran jika banyak orang yang menanam pohon kemangi ini.

6. Kunyit

Tanaman tropis lainnya adalah kunyit, bisa dibilang sama dengan jahe yang tidak perlu perawatan khusus dalam penanamannya. Tanaman tropis ini bisa tumbuh dimana saja, termasuk di dalam wadah yang kecil. Selain mudah tumbuh, kunyit dipercaya memiliki banyak manfaat yaitu mampu membuat pencernaan sehat, mampu meyembuhkan luka, mengurangi pembengkakan, dan melindungi kecerdasan otak.

3139 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *