Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh

Lintasmetro.com – Sawo atau Sapota adalah salah satu buah yang berasal dari daerah tropis yang memiliki tekstur lembut serta mempunyai bentuk yang sama dengan kentang  ini makin populer dipasaran. Sawo juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena kaya akan nutrisi.

Salah satu nutrisi yang ada pada sawo adalah lemak, protein, fosfor, karbohidrat, vitamin B1, kalsium, vitamin C, vitamin A. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan, namun sawo juga sering digunakan sebagai bahan kecantikkan untuk wanita yang menginginkan kulit yang halus serta indah.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari buah sawo :

1. Baik Untuk Ibu Hamil

Wanita hamil sangat membutuhkan vitamin C yang banyak untuk melindungi ketahanan tubuhnya. Maka dari itu, untuk ibu – ibu yang sedang hamil sangat di anjurkan untuk mengonsumsi buah sawo agar ketahanan tubuhnya tetap terjaga. Selain itu, sawo juga dapat membantu menangani sembelit yang sering di alami oleh ibu hamil.

2. Mencegah Insomnia

Untuk Anda yang mengalami masalah insomnia atau susah untuk tidur, sebaiknya konsumsi buah sawo untuk mengatasi masalah insomnia tersebut. Sawo memiliki kandungan vitamin yang dapat membuat tubuh menjadi lebih santai, sehingga bisa terlepas dari stres yang menyebabkan Anda mengalami masalah susah tidur.

3. Pembentukan Sel Darah Merah

Sawo mengandung asam folat yang berjumlah 14mkg/100g, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sistem sel darah merah.

4. Menangkal Radikal Bebas

Apabila Anda adalah seorang pekerja di lapangan pastinya Anda akan semakin memiliki resiko untuk terserang radikal bebas. Salah satu cara untuk mencegah bahaya dari radikal bebas adalah dengan mengonsumsi buah sawo setiap hari. Sawo memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, vitamin C berjumlah 21mg serta vitamin A berjumlah 60IU, yang mampu melindungi ketahan tubuh dari serangan radikal bebeas.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Sawo adalah buah yang memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk perkembangan tulang dan menjaga kesehatan gigi. Walaupun demikian, buah sawo tidak dianjurkan untuk anak balita karena dapat mengganggu sistem pencernaannya.

1040 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *