Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Lintasmetro.com – Orang Indonesia mana yang tidak mengenal makanan yang bernama tempe. Makanan berbahan biji kedelai yang di fermentasi ini adalah makanan khas orang Indonesia.

Di zaman  sekarang produksi tempe telah mendunia, bahkan di sebagian negara sudah ada yang membuka pabrik tempe sendiri. Salah satu pabrik tempe yang sudah terkenal berada di Jepang, dan yang membangunnya adalah orang Indonesia sendiri.

Rasanya yang cocok untuk dibuat jadi beragam masakan tidak menjadikan penggemar tempe merasa jenu untuk mengonsumsinya. Tempe memang makanan yang sederhana, tapi dibalik itu tempe memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dibawah ini ada beberapa manfaat dari makanan sederhana yang bernama tempe :

1. Sumber Protein

Usahakan Anda menambah tempe sebagai menu makanan sehari – hari, karena tempe sangat bermanfaat untuk menambah asupan protein. Tempe menjadi salah satu makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi dan asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh. Protein pada tempe dapat membantu dalam mempertahakan jaringan otot serta membantu membentuk enzim yang berguna untuk kebutuhan sel.

2. Membantu Proses Metabolisme

Kandungan Riboflavin (vitamin B2) dan niacin (vitamin B3) yang ada pada tempe sangat berperan penting dalam membantu proses metabolisme. Riboflavin yang ada pada tempe sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit sedangkan niacin sangat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan.

3. Penangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan isoflavon pada tempe memiliki peran baik dalam melawan serangan radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga berperan  dalam mencegah serangan berbagai penyakit degeneratif.

4. Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Kandungan protein yang ada pada tempe sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Protein dalam tempe juga berperan dalam mencegah naiknya kadar tekenan darah sekaligus menjaga kadar gula tetap terkontrol.

5. Mencegah Kanker

Kandung serat pada tempe tidak cuma bermanfaat untuk memperbaiki kinerja saluran cerna, tetapi juga sangat bermanfaat untuk mengikat racun dan kolestrol penyebab kanker. Tidak hanya itu saja, kandungan phytoestrogen dan genestein yang ada pada tempe juga dapat mencegah terjadinya kanker prostat, dan kanker payudara.

 

 

13770526_1122992857743902_6976014029613420041_n

2072 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *