5 Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi tanpa Factory Reset

Mengunci smartphone merupakan suatu keharusan untuk mengamankan smartphone kamu dari tangan orang-orang jahil. Di smartphone Android, sandi yang tersedia dapat berupa pola, kombinasi angka dan huruf (password), PIN, atau sensor fingerprint.

Sayangnya, entah bagaimana ceritanya tak jarang pengguna smartphone kemudian lupa dengan sandi yang sudah ditentukan sebelumnya. Akibatnya, perangkat Android pun jadi tidak bisa diakses. Dilansir dari Wonderhowto, Jaka punya 7 cara membuka HP yang lupa kata sandi tanpa factory reset.

1. Menggunakan Android Device Manager

1

Cara membuka HP yang lupa kata sandi yang pertama adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Kamu bisa menggunakan browser di smartphone Android teman kamu atau menggunakan komputer untuk mengakses layanan. Pastikan, kamu masuk dengan akun Google yang sama dan smartphone terhubung dengan internet

2

Sekarang buka link Android Device Manager, di sana terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, atau Hapus. Lalu kamu pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan perangkat kamu, klik tombol refresh browser beberapa kali.

Setelah klik tombol Kunci atau Lock, kamu akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang kamu lupakan. Ketik password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan kamu, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit. Nah, sekarang harusnya kamu sudah bisa membuka smartphone yang terkunci dengan password baru.

2. Gunakan Samsung Find My Mobile

3

Jika cara di atas tidak berhasil dan kebetulan kamu menggunakan perangkat Samsung. Kamu bisa mencoba layanan yang serupa dengan Android Device Manager khusus dari Samsung yakni Find My Mobile. Caranya buka link Find My Mobile dari browser, kemudian login ke akun Samsung. Jika kamu belum pernah mengatur akun Samsung, metode ini tidak akan bekerja. Setelah kamu login ke akun Samsung, klik tombol Lock my screen di panel sebelah kiri. Dari sini, masukkan pin baru dan klik tombol lock. Dalam satu atau dua menit, sandi lockscreen harusnya diubah ke PIN baru yang kamu masukkan dan kamu gunakan untuk membuka kunci perangkat.

3. Gunakan Fitur Forgot pattern

4

Jika perangkat kamu masih menjalankan Android 4.4 KitKat atau lebih rendah, kamu masih bisa menggunakan fitur forgot pattern. Setelah 5 usaha yang gagal, kamu akan melihat pesan yang mengatakan “Coba lagi dalam 30 detik’. Dari situ, kamu pilih fotgot pattern, yang letaknya di bagian bawah layar.

5

Biasanya ada dua metode yang tersedia, yakni menjawab peratanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google kamu. Jika kamu memilih yang kedua, Google akan mengirimkan email dengan polaa pembuka kunci atau kamu juga dapat mengubahnya saat itu juga.

4. Gunakan ADB untuk menghapus password

6

Cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola berikutnya, hanya akan bekerja jika sebelumnya kamu telah mengaktifkan USB Debugging dan kamu memiliki komputer yang sudah pernah kamu hubungkan dengan smartphone melalui ADB. Jika kamu sudah pernah melakukan root atau install kustom ROM pasti sudah nggak asing dengan proses ini.

5. Gunakan Safe Mode

7

Seperti kamu ketahui, banyak banget aplikasi pengaman lockscreen di Android. Beberapa di antaranya sangat mengesankan karena mampu mengubah sandi sesuai dengan kombinasi jam dan menit, tanggal, hingga status baterai. Namun terkadang ada bug dan tiba-tiba kamu sudah tidak masuk ke smartphone kamu. Nah, jika permasalahan datang dari aplikasi pihak ketiga, kamu bisa coba lakukan boot ke Safe Mode. Caranya beragam, tergantung dari jenis dan merek smartphone kamu. Kamu bisa browsing untuk menemukan kombinasi yang sesuai untuk masuk ke Safe Mode smarpthone kamu.

1108 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *