Beberapa Cara Memelihara Hewan Kelinci

rabbits_couple_grass_fur_beautiful_44836_3840x2400

lintasmetro – Kelinci hewan herbivora pemakan sayuran bernama latin Oryctolagus cuniculus, hewan mamalia yang menyusui, untuk dapat memelihara hewan ini dengan benar harus di sertai dengan perlaku baik terhadap kelinci, Adapun dampak buruk yang diberikan dalam perawatan hewan ini maka akan memperpendek umurnya dan bisa berdampak hewan ini menjadi stres.

Berikut ini tata cara perawatan yang benar dalam memelihara hewan kelinci:

Hewan kelinci membutuhkan Air untuk minum!

Banyak diantara pemelihara yang beranggapan bahwa hewan kelinci itu tidak perlu minum, ternyata pernyataan itu salah. mereka beranggapan bahwa makanan yang diberikan berupa sayur-sayuran sudah mengandung air, itu tidak benar, dari kondisi yang ada hewan ini juga memerlukan air untuk menghilangkan rasa haus.

Sayuran kangkung bukan makan yang baik untuk kelinci!

Banyak dari sebagian orang memberi pakan kelinci dengan sayuran kangkung, sebab warnanya sangat hijau, pada setiap tumbuhan dan perpohonan itu mengandung gas, dan ini sangat tidak baik untuk si kelinci dapat menyebabkan gangguan pada pencernaannya dan air kencing yang ia keluarkan akan bau dan sangat menyengat, selain pada kangkung dan sayuran seperti kol tidak dianjurkan.

Memindahkan kelinci dengan kardus!

Pasti dari kebanyakan orang memindahkan hewan ini dengan kardus! sebenarnya ini tidak di perbolehkan. Sebab kelinci akan menjadi stres pada daerah sempit didalam kardus sirkulasi udara sangat sedikit dan apabila tertutup mengakibatkan kelinci menjadi panas dan udara yang ada didalam sedikit.

Membawa kelinci dengan memegang telinganya!

Bayangkan apa yang akan Anda rasakan bila telinga Anda ditarik dan diangkat pasti rasanya akan sakit, begitu juga sama yang akan di alami oleh kelinci, banyaknya orang mengangkat kelinci dengan menarik telinganya itu salah, sebab dapat merusak telinganya dan otot-otot pada telinga, Jadi sikap yang benar adalah dengan menagakat badannya agar tidak mencederai alat pendengaran mereka yang sensitif.

Menaruh banyak kelinci dalam satu kandang!

Hmm.. bayangkan saja apa yang ada dibenak kamu bila banyak orang ada disatu ruangan bersama kamu dengan ruangan yang sangat kecil? bahkan apa yang Anda lakukan pun menjadi tidak nyaman bila akan tidur, sebaliknya juga yang dialami oleh kelinci ini mereka akan mudah menjadi stres dan merasa tidak nyaman dengan ruangan sempit bisa bisa mereka akan berdesakan dan menjadi bertengkar. Untuk itu kamu yang ingin memiliki hewan kelinci diusahakan untuk membuat kandang mereka berukuran 50x60x50 dalam keadaan satu kandang untuk satu kelinci dan maksimalnya 2 ekor untuk berukuran dewasa.

Memandikan kelinci?

Yah dalam memandikan hewan lembut ini perlu berhati-hati akibatnya sangat fatal, tidak di perbolehkan menggunakan air dingin dalam keadaan lembab, harus menggunakan air hangat dan cepat keringkan dengan handuk, tidak diperbolehkan menggunakan sabun yang tidak khusus untuk hewan. bisa merusak bulu pada kelinci, lakukan perwatan mandi secara berkala saja bila terliaht kotor.

Sering memberikan makanan!

Untuk setiap orang dewasa dan anak anak pasti sangat senang bila memberikan makan pada hewan peliharaannya, untuk pemberian pakam pada kelinci tidak dianjurkan untuk banyak-banyak didalam kandang sebab sayuran dan pakan yang diberikan tadinya tidak habis akan menjadi tidak segar dan basi bisa bisa dikonsumsi oleh kelinci tsb akan menjadi mual dan sakit, jadi untuk dianjurkan pemberian pakan kelinci pada jadwal yang sesuai saja jangan sampai keseringan dan kekurangan. untuk tambahan lainnya jangan lupa untuk melakukan pemberiaan vitamin agar kelinci tetap sehat.

 

4051 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *