Gadget untuk Smartphone Ini Bisa Deteksi Sel Kanker

Lintasmetro – Deteksi dini gejala penyakit seperti tuberkulosis (TB) dan kanker memang sulit untuk dilakukan. Pasien labih cenderung mengetahui gejala tatkala penyakit tsb cukup parah dari segera membutuhkan penanganan, Akan tetapi ada cara yang paling efektif berupa analisi terhadap sel DNA pada penyakit tersebut menggunakan perangkat yang dapat disambungkan ke smartphone.

Rangkaian genetik DNA dapat mengungkapkan apakah infeksi tuberkulosis ini resisten dimana kondisi yang melawan atau bertahan terhadap antibiotik tertentu.

Atau apakah tumor dan kanker ini yang diidap oleh pasien berpeluang bermutasi sehingga obat yang dikomsumsi pasien tidak bekerja efektif.

Untuk mengungkap rangkaian genetik, dokter harus mengirimkan sampel pasien ke laboratorium independen untuk melakukan pengujian yang akan memakan waktu.
Proses tsb pun akan mahal Popular Science.

Namun kini, para dokter tidak harus menjalani pemeriksaan sampel genetik yang rumit dan memakan waktu yang lama. Sebuah perangkat canggih baru saja diciptakan yang mampu mengubah smartphone Anda menjadi mikroskop yang mampu mendeteksi mutasi pada si DNA.

Perangkat yang mirip dengan casing smartphone ini beruapa sebuah layar 3d dan dilengkapi sebuah dua laser LED putih, lensa dan filter sehingga mengubah kamera smartphone menjadi sebuah mikroskop molekul.

245 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *