Melihat Langsung Pembuatan Suzuki GSX-150 Series di Bekasi

Lintasmetro – Divisi roda dua PT Suzuki Ind‎omobil Sales (SIS) siap meluncurkan dan menjual motor terbarunya, Suzuki GSX-150 Series. Rencananya motor penantang R15 dan CBR150 ini akan diliris pada tanggal 8 Febuari 2017 mendatang.

Akan tetapi sebelum resmi diluncurkam, sejumlah awak media diajak melihat dapur pembuatan GSX-150R dan GSX-150S yang di produksi dipabrik PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang berlokasi di Plant Tambun 1, Bekasi, Jawa Barat.

Assitant to Dept Head Production 2W PT SIM Ivan Yoliga menjelaskan semua produk Suzuki yang dibuat di pabrik Plant 1 Tambun, tidak hanya dipasarkan untuk Indonesia, tetapi juga diekspor.

“Ini kebanggaan dari kami, pabrik Tambun 1 disukai tidak hanya di Indonesia tapi secara global, termasuk ke Jepang dan Eropa. Tapi saat ini GSX-150 masih diproduksi untuk lokal,” kata Ivan saat ditemui di Plant Tambun 1, Bekasi.

Pantauan dari berbagai alat canggih juga digunakan dalam proses produksi ini. Termasuk penggunaan mesin robot yang bekerja.

Untuk membuat Suzuki GSX-150 Series, setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Pertama, yaitu penyediaan bahan baku material. Rata-rata plat logam berjenis SPCEN, dengan ketebalan antara 1,6 – 2,1 milimeter. Termasuk penggunaan bahan untuk tangki bensin dan juga frame bodi motor.

“Kalau ada potongan-potongan material, tidak dibuang tapi juga akan dilebur kembali untuk menjadi bahan (komponen) lainnya,” jalasnya.

Dari bahan logam tersebut, setidaknya dibuat beberapa bagian mulai dari frame, fuel tank, swing arm, muffler, dan rim wheel perlengkapan motor.

Selain dari itu, tahapan pembuatan motor dipabrik ini juga membuat berbagai bahan bodi yang terbuat dari bahan plastik. Bahan plastik yang digunakan dari bahan ABS (Akrilonitril Butadiena Stiren) dan PP (Poly Propylene) yang berasal dari Indonesia dan juga dari negara Jepang.

Usai dicetak, berbagai bahan bodi GSX-150 Series dilakukan proses painting atau pengecetan. Bahan cat didatangkan dari suplier lokal namun diklaim memiliki bahan yang berkualitas tinggi.‎

Untuk tahapan selanjutnya yaitu welding atau pengelasan. Setiap logam yang telah dicetak, dilakukan pengelasan tidak hanya dari manual, tetapi juga menggunakan sebagai pengecekkan mesin robot.‎

Tahapan berikutnya yaitu proses assembling. Dimana bodi dan frame yang telah dilakukan pengecetan dirakit untuk menjadi satu unit motor. Setiap motor yang telah utuh dirakit, satu persatu GSX-150 Series dilakukan pengecekan kualitas, mulai dari cat hingga performa mesin.

“Setelah itu motor dikumpulkan didalam gudang, kemudian untuk dikirim ke sejumlah dealer yang ada di seluruh Indonesia,”‎

632 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *