Harga Cabai Naik Tembus Rp 160 Ribu per Kg, Apa Kata Mendag?

Lintasmetro – Menteri perdangangan Enggartiasto Lukita menjelaskan harga cabai rawit merah memang paling bergejolak, Akan tetapi menurut ia ini masih ada 3 jenis cabai lainnya yang harganya cenderung stabil.

Dia mengatakan dari empat jenis cabai yang di jual di pasaran, hanya ada cabai rawit merah yang tingkat volatilitasnya tinggi. sedangkan tiga jenis cabai lainnya cenderung stabil.

Dari empat macam cabai tiga cabai bagus harganya, katanya di Kompleks Istana Kepresidenan.

Oleh sebab ini masyarakat tidak perlu memusingkan kenaikan harga cabai rawit merah, Menurut ia masih ada jenis cabai yang bisa dikomsumsi masyarakat dan harganya cukup stabil, kata Enggar.

Ada tiga jenis cabai yang tidak bergejolak, ada cabai rawit merah, cabai rawit merah keriting, dan cabai rawit hijau.

Yang diketahui sekarang harga cabai rawit merah semakin pedas harga cabai inilah yang naik sampai Rp. 160rb per kg nya.

Pedagang kebayoran lama menjelaskan harga cabai rawit merah naik dari pekan lalu dan sebelumnya sih harga cabai rawit sekitar Rp. 120rb per kg, kata Pak Sutamaji [50thn].

“Rawit yang dari tiga hari lalu, sebelumnya harga Rp. 120rb – Rp. 110rb per kg nya,” kata dia di Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan,

Kenaikan harga cabai ini, menurut dia, disebabkan karena cuaca buruk sehingga pasokan yang masuk berkurang. Sutamaji mengatakan lagi, cabai rawit merah telah mencapai Rp. 140rb per kg di sebuah pasar Induk Kramat Jati Jakarta.

“Dari Induk Rp. 140 rb – 150 rb per kg. Yang bagus Rp. 150rb per kg. Kalau jual Rp. 160 rb per kg sebenarnya rugi yah. Mati 1 ons aja kehilangan Rp. 16 rb,” kata dia.

241 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *