Diplomasi Veranda Talk Presiden Jokowi

Lintasmetro – Istilah mengenai veranda talk sudah tidak asing lagi di kalangan Istana negara. Veranda talk adalah sebuah cara baru yang dilakukan bapak Presiden Joko Widodo atau bapak Jokowi berbincang dengan tamunya di beranda belakang Istana Merdeka.

Awalnya tradisi ini menjadi sebuah konsep penerimaan tamu-tamu negara. Tapi belakangan ini, ada beberapa tokoh dalam negeri juga diajak berbincang-bincang di veranda talk tersebut.

Beberapa mantan presiden yang pernah mengunjungi Jokowi untuk membicarakan isu hangat ataupun sekadar saling bertukar pikiran dan pendapat. Mulai dari bapak BJ Habibie hingga dengan bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Beberapa tokoh besar partai politik (parpol) diantaranya juga pernah diundang bapak Jokowi ke Istana.

Tidak semua tamu Jokowi berkesempatan untuk berbincang dalam veranda talk ini. Sebab dimana hal tersebut bukanlah sekadar rutinitas protokol semata, Tapi terdapat makna penting yang tersirat di dalamnya. Pemilihan tamu untuk diajak veranda talk sepenuhnya tergantung pada persepsi dari bapak Jokowi

Veranda talk dilakukan di beranda belakang Istana Merdeka. Posisinya yaitu menghadap ke taman dan lapangan asri. Terdengar juga suara kicauan burung-burung. Di seberangnya terlihat langsung sebuah bangunan Istana Negara.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala menjelaskan, bahwa veranda talk ini akan dijadikan sebagai tradisi bila Presiden ingin mengadakan pembicaraan intim dengan tamunya secara pribadi.

173 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *