Maskapai Pramugari Berbikini Terbangi RI, Apa Dampaknya Buat RI?

Lintasmetro – Maskapai penerbangan asal negara Vietnam, VietJet berencana melakukan ekspansi dengan membuka 26 rute penerbangan baru di tahun 2017 ini. Salah satu rute yang dibuka maskapai yang punya pramugari berbikini ini adalah dari rute Ho Chi Minh ke Jakarta. Rencana tersebut diperkirakan tidak akan berdampak besar terhadap jumlah kunjungan wisatawan asal Vietnam ke negara Indonesia.

Ketua Umum Assosiation of Indonesian Tours and Travel Agency (ASITA), Asnawi Bahar menjelaskan, promosi VietJet menggunakan pramugari berseragam bikini adalah strategi pemasaran untuk menarik orang naik pesawatnya. Akan tetapi belum tentu berdampak signifikan kepada peningkatan wisatawan Vietnam ke negara Indonesia.

“Kehadiran penerbangan langsung VietJet ini cuma akan menambah kapasitas saja, kaitannya dengan destinasi itu tidak ada. Orang tidak akan pergi ke Indonesia gara-gara pramugari pakai bikini, tapi bisa saja orang Indonesia makin banyak ke Vietnam sebab penasaran ingin melihat pramugari berbikini,” kata bapak Asnawi.

Menurutnya, jumlah turis asal negara Vietnam ke Indonesia masih kecil bila dibanding sebaliknya. Orang Indonesia yang plesiran ke negara Vietnam, diakui Asnawi terus mengalami peningkatan cukup tajam mengingat promosi pariwisata oleh pemerintah negara Vietnam sangat gencar.

“Kunjungan turis Vietnam ke Indonesia masih sedikit, tapi yang dari Indonesia ke negara Vietnam naik terus cukup tajam. Makanya kalau tidak waspada bisa disalip jumlah wisatawan kita,” dia menerangkan.

Asnawi menjelaskan, dari daya tarik dari pariwisata Indonesia ada di sumber dayanya. Indonesia menonjolkan pesona alam atau pemandangan yang cantik, warga yang ramah di setiap daerah sehingga mampu memikat wisatawan asing yang datang berliburan.

“Pemandangan alam yang sejuk dan indah, warga yang ramah, dan promosi yang gencar menjadi kekuatan Indonesia. Kita juga harus bisa mengembangkan destinasi lain, jika tidak, bisa tertinggal nantinya,” katanya.

Asnawi menjelaskan, apabila VietJet mulai membuka penerbangan di pertengahan tahun 2017, para agen perjalanan pasti akan menjual tiket maskapai tersebut. “Jika sudah terdaftar di IATA (International Air Transport Association), kita langsung jual (tiket), tetapi online saja,” dia menuturkan.

269 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *