Kunjungi Yogya, 20 Mahasiswa China Penasaran dengan Kuliner Pedas

Lintasmetro – Puluhan mahasiswa yang berasal dari China yang sedang berkunjung ke Indonesia ternyata penasaran dengan kuliner yang ada di Yogyakarta. Sejak mereka tiba pada hari Minggu, 23 April 2017 malam, beberapa titik tempat kuliner kota itu menjadi sasaran para mahasiswa.

Keberadaan mereka di Indonesia adalah bagian dari kegiatan kerjasama antara Kedutaan Besar China dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI).

Dua puluh mahasiswa asal Negeri Tirai Bambu itu merupakan pendamping mahasiswa Indonesia yang pada tanggal 11-19 April 2017 lalu berkunjung ke Tanah Air Mereka. Mahasiswa dalam negeri itu terpilih untuk mengunjungi Tiongkok setelah memenangkan sebuah kompetisi menulis esai bertajuk ‘Write To China’.

“Lalu bergantian, giliran mahasiswa pendamping asal China yang berkunjung ke negara Indonesia, ada empat kota yang akan kami kunjungi, yaitu Jakarta, Bandung, Yogya, dan Bali,” kata seorang atase Kedubes China, An Xiaoshan.

Dan lain dari pada itu mengenal budaya masyarakat Indonesia, imbuh An, mereka juga penasaran dengan kuliner yang ada di Yogya yang pedas. Para mahasiswa asal negara China suka membandingkan tingkat kepedasan masakan di Kota Gudeg dengan negara asalnya.

“Mereka bilang masakan di sini lebih pedas,” katanya.^^

An menjelaskan kuliner yang dicoba antara lain adalah gudeg sebagai menu khas Yogya dan juga bakpia. Ragam komentar pun terlontardari para mahasiswa asal negara China dimana pada saat mereka menjajali makanan bakpia, camilan yang menjadi salah satu oleh-oleh khas itu mengingatkan mereka dengan pia — kue sejenis yang dijumpai di negaranya.

“Sepertinya memang sama, sama persis, isinya juga mirip, ada yang kacang hijau sampai dengan isi daging,” kata An.

An menuturkan, pertukaran pemuda kedua negara dapat menjadi dasar saling mengenal dan berbagi pengalaman. Bahkan pada saat mereka berkunjung ke Pemda DIY muncul wacana untuk mengadakan program sister city.

152 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *