Kaspersky Lab Deteksi Ada 45.000 Serangan Ransomware WannaCry

Lintasmetro – Serangan ransomware yang berhasil menghebohkan seluruh penjuru dunia baru saja terjadi. Ransomware bernama WannaCry ini disebut-sebut telah menyerang banyak organisasi yang berada di seluruh dunia.

Para ahli di Kaspersky Lab telah menganalisis data dan memastikan subsistem perlindungan milik perusahaan berhasil mendeteksi setidaknya 45 ribu upaya infeksi di 74 negara. Rusia adalah negara yang paling banyak menjadi sasaran serangan dari Ransomware ini.

Ransomware ini akan menginfeksi korban dengan memanfaatkan kerentanan dari Microsoft Windows. Adapun eksploitasi yang digunakan bernama ‘Eternal Blue’ dan tersedia di internet berkat aksi peretasan yang dilakukan oleh Shadowbrokers pada tanggal 14 April 2017.

Untuk saat ini, para ahli Kaspersky Lab sedang berusaha untuk mengetahui kemungkinan mendekripsi data yang terkunci sebab dimana serangan tersebut. Kendati demikian, perusahaan keamanan siber dan anti-virus asal Rusia tersebut memiliki saran untuk mengurangi risiko terinfeksi.

Langkah pertama yaitu dengan memasang patch resmi dari Microsoft yang menutup kerentanan yang digunakan dalam serangan tersebut. Setelahnya pastikan solusi keamanan diaktifkan di seluruh jaringan yang ada.

Apabila menggunakan solusi Lab Kaspersky, pastikan solusi yang diaktifkan termasuk dalam fiturnya.

System Watcher, yaitu adalah sebuah komponen pendeteksi perilaku proaktif. Jalankan proses Critical Scan di solusi Kasperksy Lab untuk mendeteksi kemungkinan infeksi sesegara mungkin terjadi.

“Reboot sistem setelah mendeteksi MEM: Trojan.Win64.EquationDrug.gen,” ditulis Kaspersky dalam keterang resmi yang diterimadari beberapa media sosial, di hari Senin tanggal 15 mei 2017. Terakhir, gunakan layanan Customer-Spesific Threat Intelligence Reporting.

Sebagai informasi yang ada, WannaCry ini masuk melalui toolkit yang disusupkan oleh hacker untuk mengunduh software enkripsi data. Setelah itu malware akan mengenkripsi beberapa file dan meminta tebusan dalam Bitcoin untuk membukanya.

24 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *