Mumi beragama Nasrani ditemukan di Sudan

Lintasmetro – Sebuah perasasti berusia 900 tahun ditemukan disebuah biara di Sudan,Di dalam prasasti itu,di temukan beberapa rahasia yang terkuak,di antaranya adalah tujuh jasad yang jadi mumi secara alami.

Seperti yang dilangsir oleh lintasmetro (17/12),biara yang jadi situs penemuan ini teletak di kota tua Dongala,dulu kota itu merupakan ibu kota sebuah kerajaan besar bernama Makuria yang makmur si sepanjang sungai Nil.

Makuta sendiri adalah kerajaan kristen yang berdiri sekitar satu millenium yang lalu atau sekitar tahun 1000-an masehi,Kala itu,Makura menjalin hubungan baik dengan kekalifahan Islam yang letaknya berada di utara.

Adapun dalam prasasti itu disebutkan bahwa salah satu mumi merupakan jasad dari Uskup Agung Georgius,yang diduga merupakan pemuka agama paling kuat pada masanya disana,Kesimpulan itu dibuat karena identitasnya tertulis dibatu nissan dengan tanggal kematian 1113 Masehi dan wafat saat berusia 82 tahun,Selain jasad Uskup Agung Georgius,juga ditemukan enam jasad lain yang semuanya laki-laki dengan kisaran usia 40  tahunan.

Jasad ini disebut para peneliti tidak dengan sengaja diumumkan atau dalam artian lain mumi secara alamiah,Hal ini terlihat dari pakaian yang dikenakan semua jasad tersebut yang terlihat sederhana.

Dengan adanya temuan ini sendiri,para peneliti berhasil menemukan jejak dari sebuah kerajaan yang hilang bernama Makuria,Kerajaan ini diduga pernah ada sekitar Sudan dan bagian selatan mesir yang kala itu masuk wilayah Islam.

”Priode abad ke-8 sampai abad ke 12 merupakan masa emas Makuria,”kata Artur Obluski peneliti yang yang mewakili University Of Chicago dan University of Warsaw.

Kala berdiri Makuria dikenal sangat baik menjaga hubungan dengan Kekalifahan Fatimiyah yang terletak di utara,bahkan,kedua kerajaan itu sering melakukan aktifitas perdagangan dan banyak rakyat Makuria yang jadi tentara bayaran Fatimiyah.

Sayang,kehormatan antar agama ini sirna setelah Dinasty Fatimiyah hilang berganti dinasty Ayyubiyyah,Pada 1117 masehi,Makuria diserang hingga hancur oleh saudaranya dari utara.

Ditulis oleh Aldi – Lintasmetro.com

212 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *