Bankir: Simpan Uang Dimanapun Akan Tetap Kena Intip Ditjen Pajak

Lintasmetro – Direktorat Jendral (Ditjen) Pajak Kementrian Keuangan kini memiliki keleluasaan untuk mengintip rekening nasabah lokal maupun asing yang berada di Indonesia,melalui  Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) nomor 1 Tahun 2017 tentang akses informasi Keuangan untuk kepentingan Perpajakan

Kebiasaan ini di akui akan memicu ke khawatiran nasabah sehingga menarik dana besar-besaran dari bank,”Sejauh ini saya tidak liat pengaruhnya ya,”kata Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk,Jahja Setiamadja di Jakarta,Kamis (25/5/2017).

Hal senada ini juga di ungkapkan Direktur Keuangan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN),Iman Nugroho Soeko,Dia menilai keterbukaan akses data keuangan nasabah tidak akan membuat nasabah menarik dananya dari Bank,”tegasnya.

Iman menambahkan,warga negara Indonesia yang menempatkan dananya di rekening bank.

Luar negri pasti menjadi tempat sasaran akses keterbukaan data tersebut oleh otoritas pajak di negara-negara yang ikut komitmen Automatic Exchange of information (AEol).

”Mau taruh uang dimanapun,Singapura atau London,pasti sudah dikasi tahu bahwa otoritas pajak setempat bisa membuka data keuangan mereka untuk dibagikan atau ditukar dengan otoritas pajak di Indonesia,Jadi buat apa taruh di luar negeri,buka akun di luar negri juga sekarang tidak mudah,”terangnya.

Iman menilai,wajib pajak yang sudah ikut nilai pengampunan pajak (tax amnesty) tidak perlu khawatir terhadap pemeriksaan Ditjen Pajak.

”Yang khawatir itu yang belum ikut program tax amnesty,Kalau merasa sudah ikut dan sudah lapor harta dengan benar,ya tidak perlu khawatir,harusnya kita mendukung kebijakan positif ini dan kami sejak awal mendukung,”Kata Iman.

 
Ditulis oleh Aldi – Lintasmetro.com

 

161 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *