Pemerintah Filipina: Presiden Duterte Masih Hidup dan Sehat

 

Rodigro Duterte

Lintasmetro – Presiden Rodrigo Duterte (72) masih hidup,sehat,dan tidak menderita masalah kesehatan,demikian pengumuman yang disampaikan pemerintah Filiphina ditengah kekhawatiran tentang kondisinya,Pasalnya,ia cukup lama absen tampil di depan publik.

Dikenal dia memiliki jadwal sibuk dan kerap tampil memberikan beberapa pidato yang panjang dalam satu hari,memicu desus-desus bahwa kondisi kesehatan sang Presiden menurun,Sementara pemerintah diduga berusaha menutupinya.

Duterte terakhir muncul di muka publik pada 20 Juni,Saat itu dia datang ke dua kota yang dekat dengan Merawi,Disana,sang Presiden mengunjungi tentara dan para pengungsi.

Kemunculan terakhirnya terjadi setelah sebelumnya dalam pidato ia mengatakan bahwa kesehatanya tidaklah penting,Publik kembali dibuat bingung dengan pernyataan tersebut mengingat Duterte juga absen dalam perayaan hari Kemerdekaan Filipina pada 12 Juni.

”Yang pertama yang terpenting,dia hidup dan sehat,di dalam kondisi yang sangat baik,dia hanya sibuk dengan apa yang harus dilakukannya,”kata juru bicara Kepresidenan Ernesto Abella seperti dikutip oleh laman Lintasmetro.com, Selasa (27/6/2017).

”Seperti yang anda lihat,dia sempat berada dalam penglihatan publik.tapi kemudian dia menghilang,itulah saat dimana dia bekerja dikantor,menandatangani dokumen,membaca dan berkonsultasi,dia sebenarnya sangat sibuk,”ia menambahkan.

Lebih lanjut Abella menjelaskan,”Hal yang terpenting untuk dicatat adalah dia mengendalikan setiap situasi,dia peduli atas apa yang terjadi,dia memperbarui informasi,dia membaca dan mendengarkan,Ini adalah soal gaya kerjanya,”

Soal kontroversial tersebut dijadwalkan bertemu dengan sejumlah anggota kabinetnya pada Selasa waktu Manila dan mengakhiri sebuah acara di Istana Kepresidenan untuk menandai perayaan hari Idul Fitri.

Presiden Duterte diketahui menderita sejumlah penyakit seperti masalah punggung,migran akibat kerusakan syaraf yang dipicu  kecelakaan motor,dan barrett esophagus,”kondisi kesehatan di mana sel melapisi kerongkongan rusak karena asam perut.

Tak hanya itu,orang nomor satu di Filipina tersebut juga menderita buerger,”penyumbatan pada arteri dan vena berukuran kecil dan sedang,akibat peredangan yang dipicu oleh merokok.

Baru-baru ini kantor Kepresidenan pernah mengumumkan bahwa Duterte mengalami kelelahan,sementara itu,Cristoper”Bong”,salah seorang ajudan terdekat pada 15 Juni menggungah sebuah gambar di media soial di mana tampak sang Presiden tampak menadatangani dokumen dan berdiri di depan televisi sambil menonton tayangan berita.

Unggahan tersebut seolah ingin mengumumkan bahwa rumor soal menurunnya kesehatan Duterte tidaklah benar.

Merespon kabar kesehatan Duterte,Seketaris Komunikasi Presiden Martin Andanar mengatakan,rakyat Filipina tidak perlu khawatir.

”Rakyat jangan khawatir,Presiden kita dalam kondisi sehat,”ungkap Andanar kepada Lintasmetro.com.

Ditulis Oleh – Aldi Lintasmetro

144 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *