5 Alasan Gula Memicu Penyakit Mematikan

Ilustrasi gula pasir.

LintasMetro – Makanan manis memang nikmat dan menggoda. sayangnya , makanaan manis juga berdampak buruk buat kesehatan dan bisa membikin gemuk

Dalam bukunya, The Case Against Sugar, wartawan kesehatan dan sains, Gary Taubes, menuliskan banyak orang yang sekarat sekarang ini karena berbagai penyakit yang mungkin tidak pernah diprediksi sebelumnya. Kepada New York Post, Taubet menjelaskan alasan gula menjadi tersangka penyakit mematikan.

1. Meningkatkan risiko pikun
Para peneliti menemukan imbas konsumsi gula yang tinggi sebagai pemicu resistan insulin sekaligus melemahkan fungsi otak, sehingga menyebabkan alzheimer. “Bila konsumsi gula bisa meningkatkan risiko demensia ketika usia kita bertambah, mengurangi konsumsinya sudah pasti akan membantu meminimalkan risiko tadi,” kata Taubet.

2. Meningkatkan dampak tembakau
Tembakau pada rokok sering diolah dengan cara menggunakan serbuk gula atau merendam daun tembakau dalam cairan gula. Akibatnya, para perokok akan mengisap lebih dalam dan membuat tembakau seperti candu, sehingga semakin buruk buat paru-paru karena kecanduan nikotin dan terisapnya semua zat karsinogen.

3. Meningkatkan risiko kanker
Taubes percaya terlalu banyak mengkonsumsi gula akan membuat seseorang kebal insulin. Kebal insulin merupakan kondisi di mana sel-sel tak mampu merespons insulin secara efektif dan menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon sebagai kompensasi. Para ilmuwan menemukan fakta sel-sel kanker membutuhkan insulin untuk berkembang.

4. Membuat kecanduan
Gula merangsang pertukaran zat-zat kimia antara tubuh dan otak yang menyebabkan orang merasa senang. Semakin banyak gula yang dikonsumsi, semakin sedikit zat-zat tersebut yang diproduksi tubuh, dan kian banyak gula yang dikonsumsi sebagai respons.

5. Menyebabkan penyakit jantung
Mengkonsumsi terlalu banyak gula menyebabkan produksi insulin yang berlebihan, yang dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan berujung pada penyakit jantung. Menurut Taubes, terlalu banyak insulin merangsang sistem saraf, meningkatkan detak jantung, dan menghambat aliran darah.

 

Tetaplah Jaga Kesehatan , Usahakan Makan Dengan teratur!!!

89 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *