5 mobil hybrid baru Rilis Indonesia

5 mobil hybrid baru Rilis Indonesia

5 mobil hybrid baru Rilis Indonesia

5 mobil hybrid baru Rilis Indonesia

Deretan Mobil Hybrid yang Rilis di Indonesia Tahun 2019

Setidaknya ada 5 mobil hybrid baru yang dirilis oleh berbagai pabrikan di Indonesia.

LintasMetro.com, Jakarta- 5 mobil hybrid baru Rilis Indonesia Di tahun 2019, pasar otomotif Indonesia mengalami perkembangan yang terbilang pesat.
Berbagai pabrikan perlahan mulai memasukkan mobil hybrid, seperti Toyota, Mitsubishi, dan Mercedes-Benz.

Tentunya hal ini akan berpengaruh pada tren kendaraan ramah lingkungan di Indonesia.
Nantinya, mobil hybrid akan menjadi persiapan bagi kehadiran mobil listrik ke pasar otomotif Tanah Air.

Berikut sederet mobil hybrid yang dirilis di Indonesia selama tahun 2019:

Toyota Camry Hybrid

PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung menggeberak pasar otomotif Indonesia di awal 2019.
Pada pekan kedua Januari, mereka merilis Toyota Camry Hybrid. Dengan tampilan desain lebih agresif dari pendahulunya, sedan ini hadir dalam tiga varian, yakni Tipe G 2.5L, V 2.5L dan Hybrid.

Toyota Camry Hybrid punya dimensi panjang 4.885 mm atau lebih panjang 35 mm dibandingkan pendahulunya, lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dibandingkan model sebelummya.
Sementara itu, tinggi 1.445 mm atau lebih rendah dibandingkan sebelumnya 1.470 mm, dan jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm atau lebih panjang 50 mm.

Untuk urusan performa, Toyota Camry Hybrid mengandalkan jantung pacu A25A-FXS berkapasitas 2.487 cc dengan tenaga 178 ps pada 5.700 rpm.
Mesin bensinnya menghasilkan torsi 220 Nm ditambah 202 Nm dari motor listrik.

Berdasarkan situs resmi PT TAM, Toyota Camry Hybrid dijual dengan harga Rp809,4 juta (OTR Jakarta).

Toyota C-HR Hybrid

April lalu, menjelang IIMS 2019 PT TAM meluncurkan C-HR Hybrid di Jakarta.
Toyota C-HR Hybrid dijual lebih mahal sekitar Rp30 juta dari versi konvensional dan memiliki tiga perbedaan, yakni lampu depan dan belakang, pelek, dan warna baru Radian Green dengan black roof.

Toyota C-HR Hybrid dipersenjatai mesin 2ZR-FXE dengan power 100 ps yang dikombinasi motor listrik dengan power 36 ps. Untuk konsumsi bahan bakar, C-HR Hybrid lebih efisien 62% dibandingkan varian konvensional dengan emisi CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60%.

Menariknya, penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) Toyota C-HR Hybrid di Indonesia lebih tinggi dibanding versi konvensionalnya.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka distribusinya mencapai 302 unit sampai Oktober.

Pada situs resmi PT TAM, harga Toyota C-HR konvensional saat ini mencapai Rp493,35 juta.
Sedangkan Toyota C-HR Hybrid dibanderol Rp30 juta lebih mahal, tepatnya Rp523.35 juta.
Keduanya memiliki varian dual-tone dengan menambah Rp1,5 juta.

Mercedes-Benz E300e EQ Power

Pada gelaran GIIAS 2019, Mercedes-Benz memamerkan mobil plug-in hybrid pertamanya, yaitu Mercedes-Benz E300e EQ Power. Terlahir sebagai produk pabrikan berlogo 3 bintang, tentunya sedan ini tampil elegan dan canggih.

Mercedes-Benz E300e EQ Power dibekali mesin bensin 2.000 cc turbocharger bertenaga 211 hp dan torsi 350 Nm.
Dapur pacu tersebut dipadu dengan motor listrik 122 hp dan torsi 440 Nm.

Kombinasi antara keduanya mampu menghasilkan torsi maksimum 700 Nm.
Konsumsi bahan bakarnya pun sangat irit, mencapai 1,8 liter/ 100 km dengan emisi gas buang 41g CO2/km.

Di Indonesia, Mercedes-Benz E300e EQ Power dijual dengan harga Rp1,899 miliar (off-the-road).
Artinya, banderol ont-the-road bisa mencapai Rp2 miliaran.

Mitsubishi Outlander PHEV

Di ajang yang sama, GIIAS 2019, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga merilis mobil hyrbid pertamanya, Mitsubishi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

New Outlander PHEV ddibekali teknologi plug-in hybrid yang merupakan perpaduan mesin bensin 2.4L, motor, dan juga baterai.
Diimpor langsung dari Jepang, mobil ini hadir dalam 2 varian, yang dijual Rp1,2 miliar dan Rp1,3 miliar dengan dua warna pilihan putih dan hitam.

Teknologi yang digunakan pada Mitsubishi Outlander PHEV ini tidak hanya menggunakan elektrik sebagai tenaga utamanya. Hal utama yang menjadi andalan pada teknologi ini yaitu sistem penggerak motor yang terintegrasi sedemikian rupa dengan baterai dan mesin yang menjadikan kendaraan ini dapat melaju di kecepatan maksimal.

Mitsubishi Outlander PHEV punya 3 mode pengendaraan, yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode. Tidak hanya menggunakan tenaga listrik sebagai tenaga utamanya, namun kendaraan ini juga dapat menjadi sebuah generator yang menjadi sumber tenaga listrik untuk perangkat lainnya.

Toyota Corolla Altis Hybrid

Secara mengejutkan, PT TAM pada September lalu merilis Toyota Corolla Altis Hybrid. Sedan ini menjadi mobil hybrid keempat mereka di Indonesia, setelah Alphard Hybrid, Camry Hybrid, dan C-HR Hybrid.

Harga Toyota Corolla Altis Hybrid mencapai Rp566,3 juta. Secara fisik, sedan ini tak memiliki perbedaan yang mencolok dengan varian konvensionalnya dengan gril agresif yang dipadu LED headlight dan LED DRL.

Untuk meningkatkan performa dan kenyamanannya, Toyota Corolla Altis Hybrid dibangun di atas platform TNGA (Toyota New Global Architecture). Sasis ini diyakini lebih stabil dan mudah dikendalikan.

Toyota Corolla Altis Hybrid dibekali dapur pacu hybrid berkode 2ZR-FXE. Tentu sistem ini memadukan mesin konvensional 1.798 cc dengan motor listrik. Tenaga yang dihasilkan mencapai 93,7 hp dengan torsi maksimum 142 Nm.

61 Total Views 1 Views Today

Related posts

Leave a Comment