900 Anak Terjangkit HIV/AIDS Dipicu Ulah Dokter

Lintasmetro.com900 Anak Terjangkit HIV/AIDS Dipicu Ulah Dokter.Kepanikan terjadi di Pakistan disebabkan wabah HIV/AIDS menyerang hampir anak di kota kecil Ratudero.

Sejak diberitakan pada April 2019 oleh jurnalis lokal, Gulbahar Shaikh bahwa penyebaran HIV disebabkan oleh ulah dokter anak.

Muzaffar Ghanghro yang menggunakan jarum suntik bekas kepada anak-anak.

Sejak saat itu sekitar 1.100 warga atau satu dari setiap 200 penduduk mengidap virus HIV dan yang terjangkit berada di bawah usia 12 tahun.

Penyelidikan yang dilakukan oleh pemerintah Ratudero menemukan bahwa banyak anak terinfeksi HIV telah pergi ke dokter yang sama.

Menurut laporan CNN pada Senin, 28 Oktober 2019, Ghanghro belum dihukum

dan masih bekerja sebagai dokter umum di rumah sakit pemerintah di pinggiran Ratudero.

900 Anak Terjangkit HIV/AIDS Dipicu Ulah Dokter

Ganghro juga bersikeras tidak bersalah dan mengaku tidak pernah menggunakan jarum suntik bekas.

Petugas kesehatan mengatakan praktik dokter anak tidak mungkin menjadi satu-satunya penyebab wabah. Tukang cukur yang menggunakan pisau cukur yang sama ke wajah banyak pelanggan.

dokter gigi pinggir jalan yang meratakan gigi pasien dengan alat yang tidak steril disinyalir turut menjadi pemicu wabah ini.

Praktik tidak higienis ini lazim di seluruh Pakistan dan cenderung lebih umum terjadi di Ratudero, kota temiskin di Pakistan dengan tinggat buta huruf tinggi.

Dari 2010 hingga 2018, jumlah positif HIV di Pakistan hampir dua kali lipat menjadi 160.000 menurut UNAIDS,

satuan tugas PBB untuk penanganan penderita HIV dan AIDS.

Pada 2016, wabah HIV AIDS menimpa sekitar 1.500 pria dewasa yang melakukan hubungan seks dengan pekerja seks terinfeksi. Tetapi wabah tahun ini di Ratodero adalah pertama kalinya anak-anak menjadi korban paling banyak dalam skala besar.

Dibuat – Cahyono Lintasmetro.com

14 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *