Biofarma Sebut Vaksin Pfizer Hanya untuk Lokasi Khusus

Tim BioFarma bakal selektif memilih daerah mana yang bisa menggunakan Pfizer untuk vaksinasi Covid-19, mengingat vaksin ini perlu dibekukan.

lintasmetro.com — Dirut BioFarma, Honesti Basyir menyatakan bakal selektif memilih daerah di Indonesia yang menjalani vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer.

Pemilihan itu menurut Honesti ditempuh mengingat proses penyimpanan Pfizer harus dibekukan. Karena itu tim BioFarma akan cermat memilah daerah yang siap untuk vaksinasi menggunakan Pfizer.

“Khusus Pfizer kita harus selektif memilih lokasi yang siap untuk diberikan, ini juga jadi tantangan kami untuk bisa meningkatkan kompetensi dan kapasitas kami,” kata Honesti dalam konferensi pers ‘Perkembangan Vaksin Covid-19’ di Youtube BNPB, Rabu (30/12).

Diketahui vaksin Covid-19 Pfizer sudah masuk program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Pfizer juga akan meminjamkan tempat penyimpanan khusus untuk daerah-daerah yang memungkinkan menjalani vaksinasi.

“Jadi memang Pfizer sudah masuk program vaksinasi dan mereka akan meminjamkan storage khusus untuk daerah-daerah yang vaksinasi Covid-19,” terang Honesti.

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada 4 vaksin Covid-19 yang akan digunakan di Indonesia. Keempatnya antara lain Sinovac, Novavax, AstraZeneca, dan BioNTech Pfizer.

“Dari 4 yg bilateral ini, kita sudah menandatangani kontrak dengan sinovac sebesra 125 juta, novavax untuk 130 juta, AstraZeneca 100 juta, dan Pfizer 100 juta,” kata Budi dalam siaran Youtube di Sekretariat Presiden, Selasa (29/12).

Pfizer sendiri diketahui harus disimpan dalam suhu beku minimal -70 derajat celcius. Kandidat vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat ini diklaim memiliki efikasi atau tingkat keampuhan mencapai 90 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *