Cara Mengatasi Insomnia Dengan Teknik Pernapasan

Lintasmetro.comCara Mengatasi Insomnia Dengan Teknik Pernapasan.Insomnia atau kesulitan tidur di malam hari bisa jadi masalah bagi siapa saja. Namun mengetahui teknik pernapasan 4-7-8 bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi sulit mengantuk.

Kemudahan untuk tidur sendiri bisa disebabkan banyak hal, di antaranya aktivitas yang menyibukkan, beban pekerjaan, tanggungan finansial, menghadapi kemacetan saat pergi dan pulang kerja, maupun berbagai masalah yang dihadapi setiap hari.

Agar cepat tidur, tubuh kita harus dalam kondisi yang tenang dan nyaman. Kondisikan hal tersebut dengan mengatur napas menggunakan metode 4-7-8

1. Disarankan untuk menutup mata agar mengurangi distraksi dan berkonsentrasi.

2. Posisikan ujung lidah pada atap mulut, tepat di area gusi di atas gigi.

3. Buang napas melalui mulut hingga terdengar suara mendesing.

4. Tutup mulut dan tarik napas lembut melalui hidung dalam empat hitungan.

5. Tahan napas, kemudian hitung sampai tujuh.

6. Keluarkan napas melalui mulut dalam satu napas, buat suara mendesing, kali ini selama delapan detik.

7. Tarik napas lagi dan ulangi siklus di atas sebanyak tiga kali.

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Teknik Pernapasan

Teknik ini memungkinkan paru-paru untuk mengambil lebih banyak oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh, yang membuat sistem saraf lebih santai dan tenang. Cara ini dapat menyeimbangkan sistem saraf yang kerap lebih terstimulasi setiap kali Anda merasa stres.

Teknik ini membantu Anda melatih mengatur pernapasan agar membuat tubuh dan pikiran Anda serileks mungkin.

Teknik pernapasan 4-7-8 juga dapat membantu Anda menuju tingkat spiritual yang lebih tinggi karena dapat membantu Anda berkonsentrasi, menjalin hubungan lebih dalam dengan tubuh.

Oleh sebab itu, mengatur pernapasan–tentunya dengan metode yang tepat–dianggap sama dengan melakukan meditasi: membantu membuat tenang dan melepaskan beban pikiran.

Jika tidak berhasil dalam satu kali kesempatan, jangan menyerah begitu saja. Sebab beberapa orang berhasil menjalaninya setelah berlatih setiap hari selama dua bulan berturut-turut untuk membiasakan dan menyempurnakan teknik pernapasan.

Dibuat – Cahyono Lintasmetro.com

34 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *