Ciri Toxic Parents Yang Harus Dihindari

Ciri Toxic Parents Yang Harus Dihindari

lintasmetro.com Ciri Toxic Parents Yang Harus Dihindari. Anda mungkin sering mendengar istilah toxic parents. Pola asuh toxic parents bisa berpengaruh buruk pada psikologis anak.Masing-masing orang tua memiliki pola asuh sendiri. Tentu mereka berharap pola asuh tersebut bisa membuat anak tumbuh dengan baik.

Tapi tanpa sadar beberapa pola asuh bisa menjurus ke pola asuh toxic parents. Pola asuh ini harus dihindari karena bisa berefek buruk pada anak. 

Orang tua yang toxic bisa mengakibatkan banyak luka psikologis pada anak. Dampak dari orang tua toxic ini bisa bertahan sangat lama hingga anak dewasa.

Orang tua toxic cenderung tidak mau menghargai usaha anak. Mereka selalu menganggap usaha anak kurang dan salah. Toxic parents juga enggan memberikan apresiasi pada prestasi anak. 

Terus mengkritik menjadi ciri-ciri toxic parents selanjutnya. Ada saja kesalahan anak yang “terlihat” oleh orang tua. Mereka menjadikan kesalahan tersebut sebagai bahan untuk mengkritik anak. 

Ciri Toxic Parents Yang Harus Dihindari

Orang tua toxic juga cenderung meremehkan dan merendahkan anak. Mereka menganggap usaha anak tidak penting dan meremehkannya. 

Anak tidak diberikan kebebasan sewajarnya. Orang tua terlalu mengontrol segala tindakan anak. Mereka tidak membiarkan anak untuk melakukan apapun tanpa seizin orang tua. 

Orang tua toxic cenderung ingin mencampuri segala urusan anak. Mereka tidak membiarkan anak untuk memiliki ruang pribadi. 

Orang tua selalu ingin tahu tentang kehidupan pribadi anak. Beberapa orang tua bahkan menaruh pelacak pada ponsel dan membuka personal chat anak. Orang tua juga sering memberikan nasihat yang berlebihan dan kadang memaksa. 

Toxic parents biasanya memiliki standar yang tinggi untuk anak-anak mereka. Orang tua memaksa anaknya tumbuh seperti yang mereka harapkan. 

Tidak jarang mereka memaksa anak untuk mengikuti aturan dan standar mereka. Seperti harus mendapatkan nilai bagus, menjadi juara kelas, dan sebagainyaT

Dibuat Oleh – Cahyono Lintasmetro.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *