Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Hubungan Terasa Membosankan

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Hubungan Terasa Membosankan

Lintasmetro.com Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Hubungan Terasa Membosankan.Kebosanan merupakan hal yang biasa terjadi dalam kehidupan, sebab hakikatnya manusia memang senang akan variasi. Jika kebosanan justru malah mendera hubungan Anda dengan pasangan maka tak perlu khawatir.

Menurut seorang pakar hubungan, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kebosanan berkepanjangan dalam hubungan. Jika terlalu sibuk maka putuskan untuk melakukan hal bersama, tak masalah apabila hanya sebentar. Mencoba hal-hal baru bersama pasangan juga mampu menyegarkan kembali hubungan.

1. Ambil sedikit waktu untuk diri sendiri

Jika kebosanan yang dirasakan sudah teramat sangat, bahkan hingga Anda selalu tertidur ketika bersama pasangan, maka lihat apa tujuan diri sendiri, kata Cyndi Darnel, terapis seks dan hubungan.

“Adakah sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk menghidupkan hidup diri sendiri? Adakah bisikan kecil di dalam diri yang Anda abaikan tentang keinginan mengubah diri sendiri? Atau adakah proyek kreatif yang tidak sempat dikembangkan padahal Anda menginginkannya? Perhatikan hal-hal itu terlebih dahulu sebelum memikirkan tentang hubungan Anda,” kata Darnell.

Setelah memikirnya, mungkin Anda dapat menemukan bahwa masalahnya ada pada diri sendiri.

“Orang yang merasa bosan selama lebih dari 80% waktu mereka, nantinya akan melihat keinginan mengeksplorasi diri, dan hubungan adalah wadah yang bagus untuk perkembangan itu,” kata Michele Paiva, seorang psikoterapis kepada Bustle.

Jadi perbaikilah diri sendiri terlebih dahulu.

2. Tunjukkan perhatian dengan sering bertanya

Menurut Melissa Wesner, LCPC, konselor profesional klinis, meskipun sudah mengetahui satu sama lain, tapi masih banyak hal yang perlu dipahami dari pasangan, ini juga berlaku pada hubungan yang sudah berjalan sangat lama.

Tidak ada yang salah untuk terus saling mengenal satu sama lain. Justru hal tersebut malah akan menambah semangat kedalam hubungan yang sedang didera kebosanan.

3. Rencanakan sesuatu dengan pasangan

Apabila terus melakukan hal yang sama setiap hari, Anda dan pasangan akan mulai merasakan bosan. Rasa bosan itu bisa saja membuat Anda merasa terjebak dalam sebuah hubungan. Jadi alangkah lebih baik jika merencanakan sesuatu bersama pasangan, misalnya rencana masa depan, atau rencana liburan bersama.

“Sama seperti pegawai yang membutuhkan promosi pekerjaan agar merasa tertantang dan dihargai, hubungan dengan pasangan juga perlu merasakan adrenalin yang sama,” kata Kali Rogers, seorang ahli hubungan dan mentor kepada Bustle.

Buat tujuan bersama pasangan lalu bicarakan dengan rinci bagaimana langkah-langkah untuk dapat mencapainya. “Merencanakan tanggal, acara, atau proyek bersama-sama memunculkan rasa persahabatan dan penghargaan,” kata Rogers.

Tidak masalah jika rencana itu hanya kencan singkat akhir pekan atau makan malam sederhana di rumah, yang terpenting adalah hal itu membuan Anda dan pasangan lebih bersemangan dalam menjalani hubungan.

4. Coba untuk menginap dengan pasangan

Menurut Jessica Brighton, seorang ahli hubungan, “Menginap dapat menjadi hal menyenangkan yang melekatkan hubungan, terlebih lagi hanya membutuhkan sedikit waktu dan biaya.”

Memilih tanggal yang tepat untuk menginap, lalu simpan ponsel masing-masing dan fokus pada pasangan. Misalnya dengan membuat makan malam bersama, menonton film kesukaan berdua, atau berjalan-jalan di taman atau melakukan hal menyenangkan lain dengan memesan kamar hotel.

Hal Yang Dapat Dilakukan Jika Hubungan Terasa Membosankan

“Perubahan tempat dalam waktu singkat dapat membuat Anda dan pasangan keluar dari rutinitas dan memungkinkan Anda dan pasangan memiliki pengalaman baru juga membangun kenangan baru bersama,” kata Brighton.

Setelahnya Anda dan pasangan akan kembali kerumang dengan semangat baru dalam hubungan.

5. Lakukan sesuatu, jangan hanya diam

Kunci dari menghilangkan kebosanan dalam hubungan adalah dengan melakukan lebih banyak aksi. Jangan hanya diam dan menunggu pasangan Anda yang memulainya.

“Ikut kursus bersama, menjadi sukarelawan bersama untuk hal yang kalian senangi bersama, mempelajari keterampilan baru, seperti memasak, panjat tebing, dansa, apapun” kata Carlyle Jansen , seorang pelatih seks.

Jansen mengatakan penting untuk bangun dan bergerak, sebagai cara untuk menghilangkan rasa bosan.  “Mulailah olahraga bersama atau bahkan berjalan-jalan secara rutin di lingkungan yang berbeda. Bangun petualangan yang menyenangkan dan membuat Anda saling terikat dengan pasangan.” Maka rasa bosan akan benar-benar terlupakan.

6. Memulai hobi baru bersama pasangan

Jika hingga saat ini belum ada hobi yang dapat dilakukan bersama pasangan, maka mulailah. Hal ini akan berhasil mengeluarkan Anda dari zona nyaman, kata Joseph P. Coleman, PhD, LP, psikolog berlisensi. Hobi yang dapat dilakukan seperti mendaftar kelas online, mencoba resep baru untuk dimasak bersama, atau mendaki gunung bersama.

Temukan sesuatu yang dapat dinikmati bersama pasangan. Lakukan hobi baru yang menyenangkan secara rutin. Coleman berkata, tidak disadari bahwa Anda dan pasangan telah membicarakan topik baru yang menarik bagi kalian berdua.

7. Sadari bahwa kebosanan dalam hubungan itu hal yang wajar

Saran sebelumnya berkaitan dengan merubah keadaan. Tetapi perlu disadari bahwa kebosanan adalah hal yang normal dalam hubungan, kata Anita Chlipala, seorang pelatih hubungan dan terapis. Jadi, jika Anda menemui masalah, jangan berasumsi bahwa hubungan itu akan berakhir. “Sedikit usaha bisa menghilangkan kebosanan itu,” katanya.

Akui saja bahwa Anda bukan satu-satunya orang di dunia yang sedang mengalami penurunan suasana hati. Juga, jangan merasa bersalah karena harus berusaha mengubah keadaan. Jika Anda sudah berdamai dengan kondisi hubungan yang tengah bosan, maka perlahan cara untuk mengatasinya akan terpikirkan.

Dibuat Oleh – Cahyono Lintasmetro.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *