Hal Yang Perlu Dibahas Sebelum Memustukan Bertunangan

Hal Yang Perlu Dibahas Sebelum Memustukan Bertunangan

Lintasmetro.comHal Yang Perlu Dibahas Sebelum Memustukan Bertunangan.Prtunangan lebih dari sekedar suatu perencanaan pesta biasa. Memutuskan untuk bertunangan juga berarti kamu dan pasangan akan mengukuhkan hubungan ke tahap yang lebih serius untuk memulai hidup bersama yaitu pernikahan.

Namun pembicaraan mengenai pernikahan bukan suatu hal yang mudah. Untuk itu, sebelum memutuskan bertunangan ada baiknya kamu membicarakan beberapa hal dengan pasangan dan pastikan kamu telah mendiskusikannya dengan baik.

1. Diskusikan masalah keinginan memiliki anak

Masalah anak sangat penting untuk dibahas sebelum bertunangan. Bicarakan dengan pasangan tentang berapa jumlah anak ideal yang akan kalian punya. Selain itu, tanyakan juga pada pasangan tentang keterbukaan untuk mengadopsi anak jika nanti ditemukan masalah kesuburan pada salah satu pasangan.

Walaupun kamu dan pasangan belum mengetahui akan menjadi orangtua yang seperti apa, ada baiknya untuk membahas tentang bagaimana kamu dan pasangan akan merawat dan membesarkan anak. Apakah dengan disiplin yang ketat atau menerapkan gaya yang lebih santai untuk membesarkan anak.“Anda berdua perlu menemukan cara untuk menyetujui gaya pengasuhan dan kehidupan keluarga seperti apa yang anda inginkan,” kata Tina B. Tessina, PhD, Psikoterapis.

2. Bagaimana menangani soal keuangan

Beberapa pasangan yang akan bertunangan dan menikah punya kecenderungan engan dan tidak berani untuk membahas masalah keuangan. Padahal masalah keuangan sangat vital dalam suatu hubungan suami istri.  Masalah keuangan dapat memperkeruh hubungan dan menjadi penyebab  utama terjadinya perceraian.

Hal Yang Perlu Dibahas Sebelum Memustukan Bertunangan

Bersikap terbuka tentang pendapatan masing-masing dan bicarakan bagaimana kamu dan pasangan akan mengelola keuangan, apakah akan disimpan dalam rekening bank secara terpisah atau menggabungkannya. Selain itu, jangan malu untuk membahas masalah hutang atau pinjaman yang belum dibayar satu sama lain.

3. Diskusikan tentang keinginan untuk mengejar karier setelah menikah

Jika kamu dan pasangan sama-sama memiliki komitmen untuk tetap bekerja atau mengejar karier impian setelah menikah, sangat penting untuk membahasnya sebelum bertunangan. Cari tahu apakah pasangan ingin berhenti dari dunia kerja dan tinggal di rumah untuk menjalankan peran menangani masalah keluarga. Bersikap terbuka tentang impian kamu kepada pasangan penting untuk menghindari keterkejutan dan segala kekhawatiran yang dapat muncul saat sudah menikah.

4. Bicarakan tentang seberapa terlibat keluarga dalam hubungan

Saat sudah menikah, kamu dan pasangan mungkin akan jarang menghabiskan waktu bersama keluarga. Diskusikan bersama pasangan dan jujurlah tentang seberapa sering kamu akan menghabiskan waktu bersama orangtua dan keluarga kamu sendiri.

Bicarakan juga tentang rencana yang ingin kamu lakukan bersama keluarga, semisal rencana kamu untuk mengundang orangtua untuk makan malam pada setiap akhir pekan atau liburan lainnya yang melibatkan keluarga kamu dan pasangan.

Dibuat – Cahyono Lintasmetro.com

53 Total Views 1 Views Today

Related posts

Leave a Comment