Honda CBR250RR Terbaru Adopsi Teknologi Balap

Honda CBR250RR Terbaru Adopsi Teknologi Balap

Honda CBR250RR Terbaru Adopsi Teknologi Balap

Honda CBR250RR Terbaru Adopsi Teknologi Balap

Honda CBR250RR Terbaru Adopsi Teknologi Motor Balap

LintasMetro, Jakarta – Honda CBR250RR Terbaru Adopsi Teknologi Balap dikabarkan bakal dibekali Quick Shifter serta Slipper Clutch. Apakah model ini akan diluncurkan dalam waktu dekat?

Pada 4 Februari nanti, PT Astra Honda Motor (AHM) akan mengenalkan Repsol Honda MotoGP Team 2020 dan kuda besi anyar. Bukan tidak mungkin, motor baru yang bakal dirilis adalah Honda CBR250RR

Sejatinya, event pekan depan memang tentang motor gaya sport. Mereka juga kumandangkan tim balap Astra Honda Motor. Kendaraan yang punya relasi kuat dengan nilai sport ialah CBR250RR.

Sebuah tema balap pun segera dilangsungkan. Lantas, apa fungsi peranti anyar itu? Untuk diketahui, mulanya quick shifter diterapkan pada kendaraan balap. Namun belakangan peranti ini kian hit pada motor harian jenis sport. Fungsinya mempercepat waktu perpindahan gigi.

Sehingga akselerasi lebih mengilat dan tangkas, tanpa harus menurunkan putaran mesin terlalu banyak. Paling enaknya lagi, kepraktisan tanpa harus menarik tuas kopling. Lazim dipakai untuk up shifting, alias naik gigi saja.

Sebetulnya banyak jenis quick shifter. Tidak semua produk menggunakan metode yang sama. Tapi secara umum bertujuan mengurangi beban pada drive train secara aman saat pindah gigi tanpa merusak gearbox.

Cara ini kerap dilakukan dengan memotong bahan bakar atau mematikan engine dalam beberapa puluh milidetik selama gigi bergerak. Semua ini terjadi tanpa harus menutup throttle.

Kalau di pasar aftermarket perangkat ini dijual sekira Rp 5 – 11 jutaan. Contohnya Healtech, Additori, Dynojet dan masih banyak lagi.

Sebaliknya, slipper clutch punya fungsi mirip dalam mengoptimalkan kinerja kopling kala down shift atau menurunkan gigi. CBR250RR varian tinggi (ABS) diduga punya itu semua.

Mesin

Termasuk ada sedikit tambahan tenaga, bila prediksi tak meleset. Entah bisa dari sistem komputer yang direvisi, atau lainnya yang bikin mekanikal pacu membuncahkan tenaga menjadi 39 hp hingga 41 hp pada 12.500 rpm.

Kemudian momen puntir maksimal tersedia 23,3 Nm di 11.000 rpm. Ia sanggup melesat dalam kecepatan maksimal 156,82 km/jam. Semua itu bersumber dari mesin 249,7 cc parallel twin cylinder.

Ukuran diameter dan langkah torak 62,00 x 41,360 mm. Lalu rasio kompresi tetap sama 11,5 : 1 dan resultan pembakaran didistribusi via transmisi manual enam percepatan.

CBR250RR standar saat ini dilego Rp 66,6 juta hingga tipe tertinggi Rp 72,3 juta (ABS Honda Racing Red). Dengan adanya tambahan quick shifter, sudah sewajarnya AHM mengerek harga.

Kemudian opsi warna dan garis-garis baru jua bermunculan. Pekan depan semuanya terkuak lebih perinci. Pantau OTO.com untuk info lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *