Kebiasaan Buruk Yang Bikin Imunitas Tubuh Menurun

Kebiasaan Buruk Yang Bikin Imunitas Tubuh Menurun

Lintasmetro.com –Kebiasaan Buruk Yang Bikin Imunitas Tubuh Menurun.Kebiasaan buruk yang kerap dilakukan dalam sehari-hari, tanpa disadari bisa menjadi pemicu menurunkan imunitas tubuh. Jika hal itu tidak diwaspadai, pasti mempengaruhi kesehatan hingga mudah terserang penyakit berbahaya, terutama virus Corona atau Covid-19. 

Dengan kondisi sekarang ini, sudah seharusnya setiap orang harus menjaga kesehatannya, seperti menjauhkan kebiasaan buruk tersebut. Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber mengenai kebiasaan buruk yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. 

1. Merokok

Bagi para perokok tentu kebiasaan ini menjadi hal yang menyenangkan. Tetapi siapa sangka, merokok dapat merusak kesehatan karena dapat menghabiskan banyak vitamin dan mineral dalam tubuh. 

Tubuh manusia ini banyak menyimpan vitamin dan mineral, namun akibat kebiasaan buruk itu, nutrisi tersebut akan terserap. Sehingga hal ini yang menyebabkan tubuh rentan dengan penyakit berbahaya, seperti kanker. 

Nikotin yang ada pada rokok akan meningkatkan kadar kortisol dan mempengaruhi pembentukan antibodi sel B dan respons T terhadap antigen. Lebih berbahaya lagi ketika asap rokok dihirup, dapat merusak organ tubuh penting, terutama paru-paru dan rentan terhadap infeksi. 

2. Begadang

Berdasarkan penelitian menyebutkan kurang istirahat bisa membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit. Ketika membiasakan pola tidur teratur, tubuh akan melakukan peranannya sendiri untuk melawan virus, bakteri, dan sebagainya. 

Jika kebiasaan buruk ini kerap dijalankan, daya tahan tubuh akan menurun. Pasalnya, tubuh tidak diberikan kesempatan untuk melawan penyakit. Sebaiknya mulai dari sekarang hindari kebiasaan begadang dan pastikan tidur secukupnya selama tujuh atau delapan jam semalam agar imunitas tubuh tetap terjaga. 

Kebiasaan Buruk Yang Bikin Imunitas Tubuh Menurun

3. Konsumsi Makanan Makanan Instan dan Olahan

Kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh masing-masing individu. Padahal, konsumsi makanan cepat saji dan olahan sangat mempengaruhi kesehatan

Jika kualitas makanan diabaikan bisa menyebabkan kekebalan tubuh menurun karena nutrisi tidak terpenuhi. Sejumlah kandungan yang ada dalam makanan instan dan olahan bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, infeksi, peradangan. dan meningkatnya risiko alergi. 

4. Kurang Gerak

Berdasarkan penelitian Januari 2012 di American Journal of Preventive Medicine menyebutkan kurangnya olahraga dan banyak duduk mempengaruhi tubuh tidak akan mampu melawan infeksi. Jika hal tersebut terus dilakukan, tentu berdampak pada gangguan sistem imunitas tubuh, penyakit kronis, peradangan, dan sebagainya. 

Jadi disarankan untuk banyak berolahraga agar sistem kekebalan tubuh semakin kuat dan terhindar dari serangan penyakit. Mulai sekarang biasakan olahraga selama 30 menit setiap hari dengan teratur supaya badan tetap fit dan bugar. 

5. Kurang Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung vitamin D yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika kekurangan dan kelebihan nutrisi tersebut tentu dapat menurunkan imunitas tubuh. 

Paparan sinar ultraviolet (UV) juga dapat mempengaruhi sel-sel yang bertanggung jawab untuk memicu imun tubuh, kanker kulit, risiko infeksi, dan sebagainya. 

Menurut World Health Organization (WHO), sebaiknya tubuh harus terpapar sinar matahari selama 2 hingga 3 kali seminggu dalam waktu sekitar 5 sampai 15  menit. Namun pastikan lengan, tangan, dan wajah juga terkena sinar matahari tersebut.

Dibuat – Cahyono Lintasmetro.com

3555 Total Views 2 Views Today

Related posts

Leave a Comment