Kontroversi Berbagi Data Dengan Facebook

Kontroversi Berbagi Data Dengan Facebook

Lintasmetro.com Kontroversi Berbagi Data Dengan Facebook.Kebijakan baru WhatsApp yang mewajibkan 2 miliar lebih penggunanya untuk membagikan data pribadi mereka ke Facebook paling lambat 8 Februari 2021 viral dan terus menjadi bahan perbincangan.

Disebutkan sebagai konsekuensi bagi pengguna yang tidak menyetujui kebijakan privasi itu maka mereka tidak akan dapat lagi menggunakan aplikasi WhatsApp. 

Tetapi CNN Indonesia (9/1/2021) menulis bahwa kebijakan ini hanya berlaku untuk pengguna di luar Eropa saja sedangkan pengguna di Eropa tidak dipaksa untuk berbagi data. Seperti di Irlandia misalnya, praktek berbagi data tetap seperti kebijakan lama.

Pertanyaannya adalah apa perbedaan pengguna di Eropa dan di luar Eropa. Mengapa di luar Eropa harus dan di Eropa tidak? Bukankah hal seperti ini merupakan bentuk diskriminasi yang seakan-akan menomorduakan pengguna di luar Eropa?

Kontroversi Berbagi Data Dengan Facebook

Ini bukan zaman batu. Dan saya pikir di zaman teknologi super canggih seperti sekarang ini persaingan sudah sangat terbuka lebar. Tidak ada yang bisa memonopoli atau memaksakan produknya. Ada banyak pilihan, kita hanya tinggal memilih sesuai dengan kepentingan, selera dan kemampuan kantong kita.

Masih ingat BBM atau BlackBerry Messenger yang sempat heboh karena sangat digandrungi penggunanya sekitar tahun 2013-2015? Tetapi bagaimana nasibnya sekarang? Sudah berakhir bukan? Dan bagaimana “nasib” pemiliknya?

Itu menandakan bahwa tidak ada sesuatu yang abadi  Dan seharusnya WhatsApp juga belajar dari hal tersebut. Okelah sekarang WhatsApp sangat populer dengan pengguna 2 milyar lebih, tetapi apakah pengguna tidak mungkin beralih ke aplikasi lain?

Ada banyak aplikasi perpesanan yang menunggu dengan tangan terbuka. Seperti aplikasi Telegram yang sekarang sedang naik daun dan aplikasi Line yang sempat terlupakan. Dan saya pikir masih akan ada lagi muncul aplikasi perpesanan lain yang lebih baik dari yang ada sekarang ini.

Dibuat Oleh – Cahyono Lintasmetro.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *