Mandi Tidak Ada Manfaat Bila Menggunakan Sabun

Mandi Tidak Ada Manfaat Bila Menggunakan Sabun

Lintasmetro Mandi Tidak Ada Manfaat Bila Menggunakan Sabun.Saat mandi, banyak orang menggunakan sabun dan sampo untuk membersihkan diri. Tapi, Dr James Hamblin, menyebut tidak ada gunanya menggunakan sabun dan produk mewah lainnya.

Dalam bukunya, Clean: The New Science of Skin, yang dirilis minggu ini, penulis mengatakan agen pembersih dapat mempengaruhi keseimbangan mikrobioma alami.

“Meski kita telah lama berpikir tentang kulit kita sebagai penghalang untuk memisahkan kita dari dunia luar, semakin banyak pengetahuan tentang microbiome menunjukkan bahwa kulit bukan antarmuka yang dinamis dengan lingkungan kita.”

Sederhananya, mengolesi tubuh kita dengan sabun dapat membingungkan respons alami tubuh kita terhadap kotoran. Untuk alasan ini, Dr Hamblin telah memutuskan untuk tidak menggunakan produk sama sekali.

Dilansir dari Daily Star, ia mengatakan: “Ketika saya sedikit demi sedikit menggunakan semakin sedikit, saya mulai semakin membutuhkan.

“Kulit saya perlahan-lahan menjadi kurang berminyak, dan saya mendapatkan lebih sedikit bercak eksim.

Mandi Tidak Ada Manfaat Bila Menggunakan Sabun

“Aku tidak berbau seperti pohon pinus atau lavender, tapi aku juga tidak berbau seperti bau bawang yang biasa kudapatkan ketika ketiakku, yang dulu diplester deodoran, tiba-tiba pergi sehari tanpanya.”

Meski Dr Hamblin tidak mengatakan kepada orang-orang untuk tidak mandi sama sekali, dia pikir kita harus mempertanyakan “ritual yang dianggap suatu keharusan”.

“Jika Anda melewatkan satu hari mandi Anda tidak akan terlihat berminyak atau berbau seperti bawang. Saya tidak mengeluarkan bau menyengat dan saya tidak terlihat berminyak.

James Hamblin bukan satu-satunya ahli kesehatan yang memperingatkan tentang menggosok diri dengan produk sabun setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa mandi dengan sabun setiap hari dapat mengupas kulit kita.

Sebuah makalah 2013 mengatakan jerawat dapat dikaitkan dengan gangguan microbiome ini. Situs web Harvard Health juga mengedepankan kasus untuk tidak mandi setiap hari.

Dibuat Oleh – Cahyono Lintasmetro.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *