Normalkah Wanita Lebih Bergairah Saat Menstruasi?

LintasMetro.com – Normalkah Wanita Lebih Bergairah Saat Menstruasi?. Lonjakan gairah seks wanita biasanya terjadi selama ovulasi (masa subur) atau dua minggu setelah menstruasi. Lantas, bagaimana jika seorang wanita justru merasa lebih bergairah saat menstruasi?. Ternyata, lonjakan gairah seks ini ternyata bisa terjadi karena naik turunnya siklus estrogen, progesteron, testosteron, dan DHEA (dehydroepiandrosterone atau hormon adrenalin).

Semua hormon ini yang memainkan peran penting dalam gairah seks Anda,” kata Adeeti Gupta, MD, seorang dokter obstetri dan ginekologi yang juga pendiri Walk In GYN Care, seperti dilansir Lintas Metro.

Normalkah Wanita Lebih Bergairah Saat Menstruasi?

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Hormones and Behavior, peneliti mengeksplorasi hubungan pada sekelompok wanita. Mereka mengukur kadar hormon selama dua siklus menstruasi penuh dan membandingkan hasilnya dengan jurnal harian. Lalu, para partisipan mencatat aktivitas seksualnya.

Para peneliti menemukan bahwa perubahan kadar estrogen dan progesteron memiliki efek serius pada libido. Mungkin karena estrogen, yang turun pada awal menstruasi kemudian mulai naik dengan mantap pada hari kedua atau ketiga, meningkatkan libido dan keinginan bercinta.

Dr. Mary Jane Minkin , MD, profesor di bidang obstetri dan ginekologi dari at Yale University Medical School mengatakan, gairah seks tidak mempengaruhi menstruasi. “Hormon sudah berfluktuasi sendiri sehingga gairah seksual tidak memiliki efek besar pada siklus menstruasi Anda.”

Namun, Nan Wise , PhD, seorang ahli saraf kognitif dan terapis seks mengungkapkan, sejumlah wanita melaporkan bahwa mereka yang melakukan masturbasi atau berhubungan seks merasakan kelegaan pada panggul atau meredakan kram menstruasi.

Di sisi lain, psikolog berlisensi dan terapis seks bersertifikat di Honolulu, Janet Brito, PhD, mengatakan, dalam beberapa kasus seorang wanita mungkin hanya ingin mengalami orgasme untuk melepas stres. Namun ada pula yang mendambakan hubungan intim.

Untuk itu, sebaiknya silakan membuat jurnal untuk mencatat bagaimana menstruasi mempengaruhi gairah seks Anda atau sebaliknya. Hal ini akan membantu Anda merasa nyaman. Juga, diskusikan kebutuhan seksual Anda dengan pasangan.

Normalkah Wanita Lebih Bergairah Saat Menstruasi?

Normalnya, beberapa hari sebelum masuk ke hari pertama menstruasi dimulai atau fase ovulasi, semua hormon yang terlibat dalam menstruasi, seperti luteinizing (LH), estrogen, progesteron, dan testosteron, cenderung lebih tinggi daripada hari-hari sebelumnya.

Selanjutnya, tepat sesaat sebelum perdarahan menstruasi terjadi, semua hormon tersebut seakan berpisah untuk menjalankan tugasnya masing-masing. Kadar hormon estrogen cenderung mengalami peningkatan, sedangkan kadar progesteron jauh lebih rendah selama dan setelah periode menstruasi berlangsung.

Meski terdengar sedikit tidak biasa, sebenarnya sah-sah saja untuk melakukan hubungan intim saat sedang haid. Melansir dari laman Lintas Metro, bahkan ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari berhubungan seks saat menstruasi.

Akan tetapi, di samping dapat memberikan manfaaat tersebut, tentu ada pula efek samping yang menyertainya. Pertama, darah yang keluar selama menstruasi mungkin akan membuat seks Anda dan pasangan terasa kurang nyaman. Terlebih jika darah yang keluar terbilang cukup banyak dan deras, sehingga malah mengotori seprai dan tempat tidur.

Maka itu, alangkah baiknya untuk mengesampingkan sebentar mengenai gairah seksual yang sedang Anda rasakan, kemudian coba pertimbangkan dengan seksama beberapa hal penting jika ingin melakukan seks saat haid.

Ditulis Oleh : Cheon

10 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *