Pandemi Melanda Saatnya Investasi Saham

Pandemi Melanda Saatnya Investasi Saham

Lintasmetro.com Pandemi Melanda Saatnya Investasi Saham.Di masa pandemi, kegiatan sosial serta ekonomi kita pastinya dibatasi oleh protokol-protokol kesehatan yang harus kita patuhi.Maka enggak jarang, banyak sekali pengangguran-pengangguran baru yang tercipta akibat pandemi.

Dari mulai diberhentikan sepihak oleh perusahaan sampai adanya pemotongan gaji menyebabkan banyak orang mencari alternatif baru dalam mencari uang. 

Salah satu alternatif pekerjaan yang dipilih adalah berinvestasi saham. Saham merupakan salah satu instrumen investasi dengan return yang tinggi. Investasi ini juga cocok untuk dijadikan pilihan buat kamu yang mau berinvestasi jangka panjang, lho!

Namun, karena returnnya yang tinggi, bisnis ini juga memiliki resiko yang tinggi. Enggak semua orang bisa berinvestasi saham dengan baik.

Kalau kamu memutuskan untuk berinvestasi saham tanpa pengetahuan yang cukup, bukannya untung, kamu malah bisa buntung! Enggak mau begitu, kan? 

Berinvestasi untuk Jangka Panjang

Kamu harus ingat bahwa tujuan dari berinvestasi saham adalah untuk jangka panjang. Salah satu penyebabnya adalah karena investasi saham cenderung sangat volatile atau sangat mudah berubah dalam jangka pendek.

Supaya kamu lebih teguh, ingatlah bahwa keuntungan saham biasanya akan lebih maksimal ketika jangka panjang. Tanam mindset ini, ya, biar kamu enggak buru-buru mencabut investasimu!

Jangan lupa juga untuk selalu konsisten dalam menabung saham. Sisihkanlah beberapa persen dari penghasilanmu untuk menabung saham secara rutin.

Pilihlah Saham dengan Fundamental yang Kuat

Jangan asal membeli saham, kamu harus memilih saham dengan fundamental yang kuat. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, ya!

Pandemi Melanda Saatnya Investasi Saham

Enggak semua saham dengan harga murah memiliki kualitas yang baik. Apalagi di masa pandemi sekarang, masa di mana penuh dengan ketidakpastian.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam menanam saham. Sebaiknya, kamu pastikan dahulu bahwa saham yang kamu ingin beli masuk atau enggak ke dalam sektor saham yang berpotensi membaik ketika virus covid-19 sudah mereda.

Meningkatkan Ilmu Investasi dan Kesabaran

Ilmu investasi dan kesabaran merupakan dua hal yang wajib dimiliki oleh investor. Supaya kamu makin pandai dalam berinvestasi, kamu perlu mengasah kemampuan investasimu secara aktif.

Kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan baik secara online atau pun offline untuk menambah pengetahuan dan kemampuanmu dalam berinvestasi saham.

Kalau kamu ingin berinvestasi saham untuk jangka waktu panjang, maka kamu harus belajar analisis fundamental dan analisis teknikal agar kamu tahu saham mana yang ingin kamu pilih. 

Penting juga untuk sabar dan enggak terburu-buru menjual saham ketika saham yang kamu punya tiba-tiba naik atau turun.

Biasakan dirimu untuk enggak gegabah dalam bertindak. Kamu bisa mempelajari pasar saham serta memerhatikan tren dari penurunan saham.

Menjadi optimis adalah salah satu tips tepat bagimu yang ingin meraup untung besar dalam bisnis ini. 

Berinvestasi Dengan Dana yang Sudah Disiapkan

Dana yang akan kamu pakai untuk investasi saham sebaiknya dana yang memang sudah kamu sisihkan untuk investasi jangka panjang, ya. Jangan gunakan dana kebutuhan sehari-hari atau dana darurat yang bertujuan untuk jangka pendek. 

Maka dari itu, kamu harus memiliki pengaturan uang yang baik.

Dibuat Oleh – Cahyono Lintasmetro.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *