Perbandingan Gaji Menteri dengan Staf Khusus Presiden hingga Bos BUMN.

Perbandingan Gaji Menteri dengan Staf Khusus Presiden hingga Bos BUMN.

Perbandingan Gaji Menteri dengan Staf Khusus Presiden hingga Bos BUMN. Beberapa hari terakhir muncul beberapa isu penting tentang pemilihan figur pembantu presiden hingga ramai soal gaji para petinggi di sejumlah kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Perbandingan Gaji Menteri dengan Staf Khusus Presiden hingga Bos BUMN.
Perbandingan Gaji Menteri dengan Staf Khusus Presiden hingga Bos BUMN.

Adapun para pembantu presiden tersebut antara lain menteri-menteri, hingga kemunculan para staf khusus dari kalangan milenial yang digaji cukup besar. Perbandingan Gaji Menteri dengan Staf Khusus Presiden hingga Bos BUMN.

Ada juga keramaian yang menyebutkan gaji dan kompensasi yang diterima mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) disebut mencapai Rp 3,2 miliar per bulan.

Kompensasi Komisaris BUMN tertera dalam Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara NOMOR PER-01/MBU/05/2019 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Menteri BUMN Negara Nomor PER-04/MBU/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas BUMN.

Dalam Peraturan Menteri tersebut ruang lingkup mengenai penghasilan Direksi, Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN meliputi: Gaji/Honorarium
Tunjangan Fasilitas dan Tantiem/Insentif kinerja

gaji pokok menteri ialah senilai Rp 5,04 juta per bulan. Besaran gaji tersebut diatur dalam Pasal 2 Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2000. Selain gaji, menteri juga mendapatkan tunjangan oleh negara sebesar Rp 13,6 juta per bulan.

Aturan soal tunjangan untuk menteri ini diatur dalam Pasal 2e Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu.

Sehingga, total gaji dan tunjangan yang diterima oleh menteri adalah sebesar Rp 18,64 juta per bulan.

Sementara untuk besaran gaji staf khusus presiden yakni Rp 51.000.000. Staf khusus wakil presiden, wakil sekretaris pribadi presiden, asisten dan pembantu asisten.

Besaran gaji tersebut sudah termasuk gaji dasar, tunjangan kinerja, dan pajak penghasilan. Selain itu, besaran gaji Wakil Sekretaris Pribadi Presiden juga diatur dalam peraturan tersebut.

Nilainya adalah sebesar Rp 36.500.000 untuk Wakil Sekretaris Pribadi Presiden, Rp 32.500.000 untuk asisten, dan Rp 19.500.000 untuk pembantu asisten.

89 Total Views 1 Views Today

Related posts

Leave a Comment