Sakit Gigi Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Otak

Lintasmetro.comSakit Gigi Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Otak. Masalah kesehatan mulut seringkali dianggap sepele. Padahal jika diabaikan, masalah kesehatan mulut bisa berefek buruk pada kesehatan tubuh lainnya.

Di sisi lain, tim peneliti dari Rutgers University di New Brunswick, New Jersey, saat ini mengamati hubungan antara kesehatan mulut dan kesehatan otak.

Sebuah bukti menunjukkan adanya keterkaitan antara kesehatan mulut dengan penurunan kemampuan kognitif,

seperti memori dan fungsi eksekutif ditemukan dalam ulasan yang baru-baru ini diterbitkan dari 23 studi.

Para peneliti dari Rutgers University melakukan dua studi terpisah yang keduanya telah muncul dalam Journal of American Geriatrics Society.

Studi-studi tersebut melihat penurunan kognitif dan stres yang dirasakan pada orang dewasa China-Amerika yang berusia 60 tahun.

Sakit Gigi Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Otak

Dong melanjutkan, orang China – Amerika yang lebih tua berisiko mengalami gejala kesehatan mulut, karena tidak memiliki asuransi gigi atau tidak secara teratur mengunjungi klinik gigi.

Pada studi pertama, para peserta ditanya tentang kesehatan mulut mereka dan diberikan lima tes kognitif untuk menyelesaikannya.

Pada studi kedua, mereka ditanya apakah mereka pernah memiliki masalah mulut kering dan mengukur tingkat stres mereka,

dukungan sosial, dan tekanan sosial menggunakan skala yang telah ditentukan.B

Dari total jumlah peserta yang diperiksa, hampir setengahnya melaporkan gejala terkait gigi dan lebih dari 25 persen mengatakan,

bahwa sebelumnya mereka memiliki masalah mulut kering.

Tidak ada hubungan signifikan antara gusi dan masalah kognitif yang ditemukan,

tetapi ada kaitan antara penurunan kognisi dan gejala masalah kesehatan gigi ditemukan dalam penelitian ini, serta kaitan mulut kering dengan tekanan yang dirasakan.

Tim peneliti percaya, hasil studi mereka mengundang pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan mulut dan pengaruh psikososial

dari populasi yang diperiksa dan memastikan kondisi oral yang baik dari orang China-Amerika yang lebih tua harus menjadi tujuan utama mereka.

Dibuat – Cahyono Lintasmetro.com

21 Total Views 2 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *